Home / Kuliner / Pempek Udang (Lobster) Enak, Coba Resepnya Yuk!

Pempek Udang (Lobster) Enak, Coba Resepnya Yuk!

Link Banner

Komline, Palembang- Membicarakan kota Palembang tak akan ada habis nya, apalagi kota Metropolitan ini sudah memiliki banyak perkembangan dan kemajuang dan infrastruktur. Dan tak akan ada habisnya pula jika anda mencicipi kuliner khas paling hits dan terkenal sepanjang zaman di Provinsi Sumsel ini. Ya, namanya pasti tak akan asing bagi anda yang ditinggal di kota yang bermonumen Ampera ini.

Ya, Pempek. Nama Pempek sebenarnya sudah ada sejak  abad ke-16 M, saat Sultan Mahmud Badaruddin II berkuasa di kesultanan Palembang-Darussalam. Nama empek-empek atau pempek diyakini berasal dari sebutan apek atau pek-pek, yang juga berarti untuk sebutan ke paman atau lelaki tua Tionghoa.

Mengenal Pempek atau empek-empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari daging ikan yang digiling lembut dan tepung kanji (Tepung Sagu), serta beberapa komposisi lain seperti telur, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa dan juga garam. Sebenarnya sulit untuk mengatakan bahwa penganan pempek pusatnya adalah di Palembang karena hampir semua daerah di Sumatera Selatan turut memproduksi makanan lezat ini.

Pempek juga memiliki varian-varian bagi dari segi bentuk dan rasa seperti pempek  kapal selam (pempek telur besar), pempek telur kecil, pempek keriting, pempek kulit, pempek tahu, pempek pistel, pempek udang, pempek belah, pempek panggang, pempek lenggang, dan masih banyak pempek dengan varian rasa yang rasanya enak banget!.

Nah, lanjut dengan salah satu cara, jika Sahabat komline ingin membuat Pempek Udang atau Lobster . Untuk Bunda dirumah jika ingin membuat varian pempek Udang, bisa dicoba dicek dengan mengikuti salah satu resep ini ya,!

CARA PERTAMA:

Siapkan 500 gram lobster yang sudah dihaluskan.

150 Ml air es.

450-500 gram sagu tami atau tepung tapioka.

5 siung bawang putih dihaluskan.

Garam dan gula secukupnya.

dan juga sagu seckupuknya untuk membalur tangan dan adonan.

Next, CARA MEMBUAT:

  1. Masukkan lobster dan bawang putih yang sudah dihaluskan ke dalam baskom.
  2. Masukkan garam, gula secukupnya, air es secara perlahan-lahan (sedikit-sedikit), aduk-aduk sampai rata supaya halus dan adonannya tidak berbiji.
  3. Tambahkan sagu sedikit-sedikit, adk sampai rata menggunakan sendok kayu atau sendok plastik juga bisa.
  4. Letakkan sagun dia adonan dan tangan. kemudian bentuk memanjang atau lenjer besar, bisa juga sesuai ukuran.
  5. Setelah semua sudah dibentuk, maka masukkan pempek yang sudah dibentuk memanjang atau lenjer itu ke dalam air mendidih.
  6. rebus dengan air mendidih 100 cc hingga pempeknya matang dengan sempurna.

Lanjut, Ke RESEP CUKA MERAH:

  1. Siapkan cabe merah keriting pedas boleh dicampur cabe rawit, bawang putih diuleg, tambahkan sedikit cuka makan, tambahkan garam dan gula Pasir
  2. Tambahkan air secukupya ke dalam campuran cuka.
  3. Aduk Hingga Rata.

Finishing: Sajikan Pempek Udang (Lobster) dan Cuka Merah ke dalam wadah yang sudah disiapkan.

 

Ayo, Bunda dirumah mau mencoba? Silahkan Mencoba Ya!

BACA JUGA:

Resep Tekwan Khas Palembang Maknyuss

Delicious ! Mau Coba Burgo Enak, Yuk Ikuti Resepnya

(SN)

 

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Resep Tekwan Khas Palembang Maknyuss

Komline, Palembang- Ibu-ibu dihari weekend biasanya suka masak bukan? Ya, agar tidak merasa jenuh di …