Home / Kesehatan & Wanita / Penemuan Baru, Meditasi Bisa Cegah Penyakit Jantung
Ilustrasi Meditasi (doc/net)

Penemuan Baru, Meditasi Bisa Cegah Penyakit Jantung

Link Banner Link Banner

Komeringonline.com – Sebuah penemuan paling baru yang menunjukkan bahwa meditasi bisa membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung. American Heart Association (AHA) telah mengulas belasan jurnal tentang meditasi dan efeknya terhadap penyakit jantung. Di mana meditasi bisa dipertimbangkan sebagai aktivitas pasien jantung.

Dilansir dari Time, manfaat tersebut bisa dirasakan dengan diimbangi kebiasaan yang menyehatkan seperti menurunkan kolesterol, menurunkan berat badan hingga berhenti merokok.

“Pesan kami, meditasi mungkin tambahan dalam mencegah penyakit jantung yang masuk akal. Namun bukan berarti dengan melakukan meditasi orang jadi tidak melakukan hal-hal standar dalam mencegah dan atau mengobati penyakit jantung,” papar Ketua AHA dan American College of Cardiology, Glenn Levine.

Dari berbagai jurnal ilmiah, meditasi terbukti bisa menurunkan faktor risiko terserang penyakit jantung yakni stres dan tekanan darah tinggi. Sementara keduanya merupakan salah satu faktor serangan jantung. Meski demikian, masih diperlukan studi lanjutan untuk memperkuat efek meditasi pada kesehatan jantung.

“Ya, kami sangat semangat untuk melakukan riset ini. Sehingga bisa melihat bukti secara ilmiah,” pungkasnya.

Link Banner Link Banner Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Kerjasama dengan WGWC, Fisip UMJ Gelar Workshop Pedoman Pengarusutamaan Gender Dalam Kebijakan

Komline ,Jakarta-Laboratory of Indonesian and Global Study Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah …