Home / Olah Raga / Persiba Perjuangkan Markas di Kota Sendiri
persiba latihan (doc/net)

Persiba Perjuangkan Markas di Kota Sendiri

Link Banner

Komeringonline.com – Tim kalimantan yakni Persiba Balikpapan merupakan satu dari beberapa tim peserta Liga 1 2017 yang tak memiliki kandang di daerah basis pendukungnya sendiri.

Jadi tim yang terpuruk di dasar klasemen Liga 1 itu sepanjang kompetisi ini masih bermarkas di Stadion Gajayana, Malang. Sudah tiga pertandingan kandang dilakoni Persiba di Malang, dan hasilnya berakhir dengan kekalahan.

Stadion Parikesit di Komplek Pertamina Karang Anyar akan digusur sebagai bagian dari proyek perluasan kilang minyak. Persiba di Balikpapan itu disebabkan kandang lamanya.

Asa untuk bermarkas di Balikpapan pada Liga 1 musim ini pun mencuat karena pembangunan Stadion Batakan yang hampir rampung. Proyek pembangunan Stadion Batakan direncanakan selesai seutuhnya pada Juni 2017. Namun, untuk sementara operator kompetisi, PT LIB, menyatakan stadion berkapasitas 42 ribu itu belum lolos verifikasi untuk Liga 1.

“Stadion ini belum punya jalan akses yang layak,” kata Somad, verifikator dari PT LIB yang meninjau stadion Batakan, Rabu (17/5).

Batakan yakni nama sementara stadion yang baru dibangun di timur Kota Balikpapan. Stadion ini berjarak sekitar 23km dari pusat kota Balikpapan.

Ada 16 hal yang diverifikasi oleh verifikator PT LIB. Beberapa di antaranya adalah pengelolaan stadion, sertifikasi stadion, kondisi dan perawatan lapangan, drainase, lampu penerangan, ruang ganti pemain, ruang medis, hingga ruang untuk media.

Terkait lapangan, verifikator menegaskan ketinggian rumput maksimal memiliki ketinggian 3cm. Somad menyatakan hampir semua poin sudah memenuhi syarat bahkan untuk level pertandingan di tingkat Asia di bawah konfederasi sepak bola Asia (AFC). Beberapa yang belum terpenuhi adalah akses jalan, jumlah kursi, dan lahan parkir.

Selanjutnya kekurangan itu perlu dipenuhi pengelola dan melaporkan kembali agar diverifikasi ulang.

Link Banner Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Deklarasi Suzuki Katana Jimny Indonesia Chapter Lahat

Komline – Lahat, Sumsel. Pada hari Minggu tanggal 21 Januari 2018, telah berlangsung acara Deklarasi …