Home / Berita Tokoh / Petani Desa Penyandingan Semende Ikuti Pelatihan Pengembangan Buah Unggulan Indonesia

Petani Desa Penyandingan Semende Ikuti Pelatihan Pengembangan Buah Unggulan Indonesia

Link Banner Link Banner

Komline,Sumsel– para warga masyarakat desa penyandingan, semende, muara enim yang mayoritas merupakan petani, mengikuti pelatihan pengembangan buah unggulan Indonesia dilaksanakan di aula desa Penyandingan, Kecamatan Semende Darat Laut, Kabupaten Muara Enim pada selasa (04/12/2018).

Dalam pelatihan yang dihadiri tak kurang dari 100 petani di desa penyandingan, juga dihadiri langsung anggota Komisi X DPR RI fraksi Gerindra, dapil sumsel II, Ir. Sri Meliyana dan juga para mentor/pembicara dari pusat kajian Holtikultura Tropika Institut Pertanian Bogor.

Dalam sambutannya, Ir. Sri Meliyana yang merupakan anggota Komisi X DPR RI asal daerah pemilihan Sumatera Selatan II menegaskan kembali bahwa program pelatihan ini merupakan bentuk program kemitraan dari Komisi X DPR RI dengan Kementerian Riset, Tekhnologi dan Pendidikan Tinggi. Dan oleh karenanya Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam hal ini hadir langsung untuk memberi pelatihan kepada para peserta/petani di desa penyandingan ini.

“Tentu, pelatihan pengembangan buah unggulan yang kita laksanakan hari ini merupakan bentuk program dari mitra strategis Komisi X DPR RI dengan Kementerian Riset, Tekhnologi dan Pendidikan Tinggi. Dan oleh karena itu hadir teman-teman kita langsung dari IPB yang akan memberikan materi, pelatihan kepada para peserta nantinya.” ujar meli sapaan akrabnya.

Kemudian, ia pula kembali menegaskan bahwa sejatinya masyarakat pada umumnya yang bermukim di desa, khususnya desa penyandingan ini masih memiliki keterbatasan dari aspek pengetahuan dan wawasan dalam hal pengembangan produktifitas pertanian secara up to date, oleh karenanya masyarakat sangat membutuhkan pengetahuan dari para pemateri nantinya.

“Nanti pada sesi berikutnya kami berikan kesempatan (waktu) yang seluas-luasnya kepada para pemateri dari IPB untuk memberi penyuluhan, pengetahuan dan wawasan kepada para peserta nantinya (transfer knowledge). Sebab, sejatinya dalam hal ilmu pengetahuan guna produktifitas dan pengembangan pertanian, masyarakat pada umumnya masih sangat minim” ungkap Meli.

Selanjutnya ia pula mengungkapkan bahwa wilayah/area di desa penyandingan kecamatan semende ini, memiliki struktur tanah yang cukup subur ditunjang juga dengan para masyarakat-nya yang giat, di mana pada umumnya bekerja sebagai petani. Oleh karenanya, ia mengharapkan kegiatan seperti ini sangatlah penting dan berguna bagi masyarakat di desa penyandingan ini.

“Sejatinya wilayah di desa ini sangatlah subur, dan cukup cocok untuk dijadikan area pertanian. Hal ini juga didukung dengan budaya dan semangat masyarakat di desa ini yang juga giat (ulet) dalam mengembangkan dan memelihara area pertanian. Oleh karenanya, kegiatan seperti ini sangat bermanfaat, penting dan berguna bagi masyarakat di daerah sini. Semoga kegiatan dan penyerahan bibit (buah) unggulan seperti ini dapat berlanjut kembali di masa selanjutnya” pungkasnya.

Senada dengan hal tersebut, M. Hadi yang merupakan kepada desa penyandingan, menungkapkan apresiasi dan rasa terima kasih atas telah terlaksana pelatihan dan kegiatan ini. Ia pula kembali menegaskan bahwa memang masyarakat di daerah ini, sangat membutuhkan pelatihan dan pengetahuan seperti ini, begitupun dengan penyerahan sekitar 600 lebih bibit buah unggulan kepada masyarakat, yang menurutnya memang sangat diperlukan oleh masyarakat.

“Kami tentu sangat berterimakasih atas terlaksananya kegiatan seperti ini, utamanya kepada ibu meli, yang telah mengalihkan kegiatan ini di desa kami ini, di mana sebelumnya kegiatan ini akan diselenggarakan di daerah lain. Namun, berkat perhatian beliau dapat dilaksanakan di desa kami ini” ujarnya.

“Penyerahan bibit buah unggulan ini tentu sangat diperlukan oleh masyarakat, begitupun dengan materi pengetahuan yang sangat juga dibutuhkan oleh masyarakat di sini guna pengembangan produktifitas pertanian di desa ini. Sekali lagi kami sampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semuanya” lanjutnya kepada awak media.

(Harda)

Link Banner Link Banner Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Menperin Beberkan Target dan Peluang Menuju Masa Keemasan RI Tahun 2045

Komline, Jakarta – Indonesia akan memasuki masa keemasan pada tahun 2045 dengan menjadi negara yang maju …