Home / Berita Tokoh / Pimpinan DPR Soal PERMA Vonis Koruptor : Indepensi Hakim Penting

Pimpinan DPR Soal PERMA Vonis Koruptor : Indepensi Hakim Penting

Komline,Jakarta- Mahkamah Agung (MA) menerbitkan Peraturan MA Nomor 1 Tahun 2020 tentang pedoman untuk hakim dalam memberikan hukuman (vonis) kepada para koruptor. 

Pimpinan DPR Sufmi Dasco pun, mendukung sebab yang dimaksud peraturan MA tersebut supaya tidak ada disparitas (perbedaan) dalam penentuan vonis koruptor.

“Ya, saya pikir sepanjang itu masuk wilayah yudikatif, itu tidak masalah. Walaupun dalam peraturan MA itu hanya mengatur Pasal 2 dan Pasal 3 tindak pidana korupsi, dan tidak mengatur semua pasal. Nah, ini disebabkan untuk kemudian mengatur agar tidak ada disparitas dalam memutuskan vonis,” kata Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad di gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (4/8/2020).

Namun demikian dikatakan Dasco, yang paling penting selain menjaga agar tidak ada disparitas adalah di antara para hakim dalam memberikan vonis untuk pelaku korupsi adalag sifat independensi seorang hakim.

“Namun, di balik semua itu yang paling penting adalah, menurut kami, independensi hakim dalam memutuskan suatu perkara,” tandasnya.

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Pembahasan Rampung: Ketenagakerjaan Tetap Masuk RUU Ciptaker

Komline, ­­­­Jakarta– RUU Cipta Kerja, salah satunya klaster ketenagakerjaan, banyak mendapat sorotan karena diprotes kalangan buruh. …

%d bloggers like this: