Home / Berita Tokoh / PMU Kemitraan Sumatera Selatan Menerima Kunjungan dari Tenaga Ahli Anggota komisi IV DPR RI

PMU Kemitraan Sumatera Selatan Menerima Kunjungan dari Tenaga Ahli Anggota komisi IV DPR RI

Komline,Palembang, (20/01/2020) Kegiatan restorasi gambut sendiri dilaksanakan melalui 3 hal yaitu, Pembasahan, Penanaman Kembali, dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat (3P). Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi, dan Kemitraan memiliki tugas dan fungsi untuk melaksanakan sosialisasi dan edukasi restorasi gambut. Melalui program Desa Peduli Gambut (DPG), Kemitraan mendorong perlindungan dan pengelolaan ekosistem gambut di tingkat desa dan/atau kawasan perdesaan yang akan berkontribusi pada penguatan ketahanan desa bebas bencana karhutla serta peningkatan indeks desa membangun. Dalam kerangka penyelenggaran tata kelola desa, program Desa Peduli Gambut dapat diintegrasikan dalam empat bidang utama yaitu penyelenggaraan pemerintahan desa, pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat secara simultan.

Seperti Penguatan kelembagaan dan pengelolaan keuangan merupakan hal yang penting untuk dilakukan terutama pada saat disandingkan dengan konteks pemberdayaan ekonomi yang diadakan di Desa. Badan Usaha Milik Desa (BumDes) yang berada di Desa Peduli Gambut (DPG) akan diberdayakan untuk mengelola berbagai unit usaha di desa, dimana unit usaha yang dikelola akan diarahkan agar berbasis pada hasil bumi yang ditanam dan dikelola di kawasan gambut. Agar tujuan tersebut dapat dicapai maka BumDes yang terdapat di desa perlu mendapatkan penguatan di tingkat kapasitas serta kelembagaannya. Kemitraan PMU Sumatera Selatan Ungkap Bapak Amir Faisal Kordinator PMU Kemitraan Sum-Sel.

Bapak Fuad Kurniawan Tenaga Ahli anggota DPR RI Fraksi PDIP memberikan respons positif dan Mendukung Kegiatan Kemitraan Sumatera Selatan Tentang Restorasi Gambut Seperti kegiatan Penguatan Pemberdayaan Masyrakat Desa Peduli Gambut (DPG) seperti Kegiatan Pembuatan Kebun pangan mandiri (KPM), Bantuan Ekonomi Produkti (BEP), dan Infrastruktur Pembahasan Gambut (IPG),Serta Advokasi Perencanaan Desa , Serta Kegiatan Pengajuan Usulan Perhutanan Sosial di desa Peduli Gambut .

Ditempat yang sama Bapak Iswandi gunata feld Supervisor (FS) Menyampaikan Ucapan terimakasih Atas kunjungan dan diskusi Dari Tenaga Ahli DPR RI Komisi IV DPR RI Bapak Fuad Kurniawan, Semoga Kedepan Terjalin Mitra dan Dukungan Untuk Desa Peduli Gambut Di Sumatera Selatan. (Pulihkan Gambut,Pulihkan kemanusian)

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Aliansi Masyarakat Peduli Demokrasi (AMPD) menilai putusan Mahkamah Agung (MA) Nomor 1P/PAP/2020 yang mengabulkan permohonan calon bupati Ogan Ilir, Ilyas Panji Alam adalah putusan yang adil

Komline, Jakarta- Ketua Aliansi Masyarakat Peduli Demokrasi (AMPD), Imam Hanafi Abdullah menilai putusan Mahkamah Agung …

%d bloggers like this: