Home / Ekonomi / Pokmas Desa Peduli Gambut Dorong Petani Mengelola Pertanian Ramah Lingkungan Untuk Kedaulatan Pangan

Pokmas Desa Peduli Gambut Dorong Petani Mengelola Pertanian Ramah Lingkungan Untuk Kedaulatan Pangan

Komline,OKI-Pokmas “Paguyuban Lumbung Pangan” Desa Rantau Lurus Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan melalu Sekretaris Khamzah Zailani mengajak para petani mengelola lahan pertanian gambut secara ramah lingkungan.

“Kami mengajak para petani mengelola lahan pertanian ramah lingkungan, dengan mengurangi penggunaan pupuk kimia berlebihan, mengaplikasikan pupuk organik dan menggunakan pengusir hama menggunakan bahan alami” pinta Khamzah Zailani di Rantau Lurus. (9/12).

Khamzah Zailani yang juga akrab dipanggil Midun menerangkan alasan pentingnya mengelola pertanian ramah lingkungan untuk memproduksi pangan yang sehat, tidak merusak ekosistem gambut, meringankan biaya modal.

“Mengelola pertanian ramah lingkungan untuk memproduksi pangan yang sehat, tidak merusak ekosistem gambut, meringankan biaya operasional, karena selama ini petani mengeluhkan modal tinggi untuk mengolah pertanian”. terang Midun.

Petani Sakman mengaku mengeluarkan biaya tinggi untuk mengolah pertanian padi di sawah gambut. Biaya yang dikleuarkan untuk menggarap sawah bekisar Lima hingga Enam Juta Rupiah per hektar sawah. Biaya tersebut untuk membiayai persiapan lahan, pembibitan, pemeliharaan tanaman dan panen.

“Saya menghabiskan uang Lima hingga Enam Juta Rupiah untuk modal tanam hingga panen untuk membayar upah pekerja, membeli racun rumput, pembasmi hama tanaman, pupuk kimia dan panen, itu besar pak” kata Sakman saat melakukan penyemaian bibit padi disawah. (9/12)

Persoalan pertanian di lahan gambut ditanggapi oleh Pokmas Rantau Lurus dengan menawarkan bagaimana bertani dengan biaya murah sehat dan ramah lingkungan dan memiliki hasil yang optimal. Pokmas merupakan wadah masyarakat yang dibentuk di Desa Peduli Gambut (DPG) untuk melakukan kerja-kerja pemberdayaan pelestarian ekosistem gambut salah satunya melalui pertanian paludikultur untuk mengembalikan kondisi biofisik, fungsi ekologis, dan bahkan berpotensi mengembalikan fungsi ekonomi ekosistem gambut .

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Syaiful Huda Sarankan Mendikbud Nadiem Makarim Subsidi PJJ Khusus Didaerah Terpencil

Komline,Jakarta- Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda menyarankan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem …

%d bloggers like this: