Home / Berita Tokoh / Politik Dinasti Dalam Parlemen Adik Dan Anak Gubernur Sumsel Herman Deru Duduk Di Senayan .

Politik Dinasti Dalam Parlemen Adik Dan Anak Gubernur Sumsel Herman Deru Duduk Di Senayan .

Link Banner

komline,Politik dinasti dapat diartikan sebagai sebuah kekuasaan politik yang dijalankan oleh sekelompok orang yang masih terkait dalam hubungan keluarga. Dinasti politik lebih indenik dengan kerajaan. sebab kekuasaan akan diwariskan secara turun temurun dari ayah kepada anak. agar kekuasaan akan tetap berada di lingkaran keluarga. Apa Yang terjadi seandainya Negara Atau Daeah Menggunakan Politik Dinasti…………..?

Menurut Dosen ilmu politik Fisipol UGM, A.G.N. Ari Dwipayana, Tren politik kekerabatan itu sebagai gejala neopatrimonialistik. Benihnya sudah lama berakar secara tradisional. Yakni berupa sistem patrimonial, yang mengutamakan regenerasi politik berdasarkan ikatan genealogis, ketimbang merit system, dalam menimbang prestasi. Menurutnya, kini disebut neopatrimonial, karena ada unsur patrimonial lama, tapi dengan strategi baru. “Dulu pewarisan ditunjuk langsung, sekarang lewat jalur politik prosedural.” Anak atau keluarga para elite masuk institusi yang disiapkan, yaitu partai politik.

Oleh karena itu, patrimonialistik ini terselubung oleh jalur prosedural
Dinasti politik harus dilarang dengan tegas, karena jika makin maraknya praktek ini di berbagai pilkada dan pemilu legislatif, maka proses rekrutmen dan kaderisasi di partai politik tidak berjalan atau macet. Jika kuasa para dinasti di sejumlah daerah bertambah besar, maka akan kian marak korupsi sumber daya alam dan lingkungan, kebocoran sumber-sumber pendapatan daerah, serta penyalahgunaan APBD dan APBN.

Hal-Hal Yang Mengakibatkan Munculnya Dinasti Politik Adalah:

Adanya keinginan Dalam diri atau pun keluarga untuk memegang kekuasaan.
Adanya kelompok terorganisir karena kesepakatan dan kebersamaan Dalam kelompok sehingga terbentuklah penguasa kelompok dan pengikut kelompok.
Adanya kolaborasi antara penguasa dan Pengusaha untuk mengabungkan kekuatan modal dengan kekuatan Politisi.
Adanya Pembagian tugas antara kekuasaan politik dengan kekuasaaan Modal Sehingga Mengakibatkan terjadinya KORUPSI

Akibat Dari Politik Dinasti ini maka banyak pemimpin lokal menjadi politisi yang mempunyai pengaruh. Sehingga semua keluarga termasuk anak dan istri berbondong-bondong untuk dapat terlibat dalam system pemerintahan.

Kehadiran politik dinasti mengisi Anggota legislatif 2019. Sejumlah istri, anak, hingga kerabat kepala daerah, mantan anggota DPR, dan petinggi partai politik lolos menjadi anggota DPR periode 2019-2024.  Hubungan kekerabatan antara Anggota DPR RI dan kepala daerah terpantau mengisi Gedung Wakil Rakyat .

Tak ketinggalan yaitu Gubernur Sumatera Selatan yaitu Herman Deru yang memiliki anak perempuan yaitu Hj. Percha Leanpuri, B.Bus., MBA mendapatkan
Suara Sah: 124.047
Anggota DPR RI Dari partai Nasdem yang terpilih dari dapil sumsel 2 .

Bukan hanya Perca Lempuri saja yang memiliki Hubungan keluarga dengan Gubernur Sumsel Herman deru yaitu H. Bertu Merlas, S. Yang merupakan saudara kandung dari Gubernur sumsel Herman Deru dengan Suara Sah: 122.520 juga dari Dapil Sumsel II dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

Proses demokrasi yang terbuka seperti Indonesia sangat memungkinkan terjadinya politik dinasti. Apalagi konstitusi kita pun menjamin setiap warga negara memiliki hak yang sama, dalam hal ini hak politik untuk dipilih dan memilih sebagai warga negara.

politik dinasti sebenarnya tergantung pada implementasinya kalau bertanggungjawab tidak masalah namun jika digunakan untuk kekuasaan demi kepentingan keluarga maka itu yang jadi masalah.

 

(Harda )

 

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Tokoh Pemuda Sumsel Harda Belly Berharap KPU Jangan Loloskan Pemakai Narkoba ,Pejudi ,Pezina Maju mencalonkan Diri Pilkada 2020

Komline ,Jakarta– Mewujudkan Kepala Daerah yang Berkualitas, Pilkada Serentak Harus Didukung Penyelenggara dan Masyarakat Berkualitas …

%d bloggers like this: