Home / Peristiwa / Press Release Pelaku Pencurian Setelah 2 Hari Pencarian Akhirnya Ditemukan Telah Menjadi Mayat

Press Release Pelaku Pencurian Setelah 2 Hari Pencarian Akhirnya Ditemukan Telah Menjadi Mayat

Link Banner

Komline – Seorang Buronan Polisi yang dicari sejak tahun 2011, kini terlihat telah terbujur kaku di ruang jenazah RSUD DR Ibnu Sutowo Baturaja, Kabupaten OKU, Jum’at (03/08/2018).

Sesosok jenazah laki-laki tersebut adalah pelaku kejahatan pencurian dengan pemberatan bernama Andi (32).
Dan pada hari Kamis (02/08) sekitar jam 22.30 WIB ditemukan telah menjadi mayat di Desa Way heling, Kecamatan Lengkiti, Kabupaten OKU.

Bersama Kapolres OKU AKBP Dra Ni Ketut Widayana Sulandari, hadir Bupati OKU Drs H Kuryana Azis, Dirut RSUD DR Ibnu Sutowo Baturaja dr Rinna dyana, Kasat Reskrim Polres OKU AKP Alex Andriyan S.Kom yang kemudian melaksanakan press release.

” Pencarian terhadap pelaku ini berawal dari laporan Diah Ayu korban dari tindak pencurian yang dilakukan oleh pelaku pada hari Jum’at tanggal 13 April 2018 lalu, yang kejadiannya di Ruko Sumatera Mega Mart, RS Sriwijaya, Kelurahan Sekar jaya, Baturaja Timur “, terang Kapolres OKU.

Menurut laporan korban, pelaku melakukan pencurian dengan cara masuk ke Ruko (Rumah Toko) milik korban melalui pintu belakang yang pada saat itu lupa dikunci. Kemudian setelah masuk, pelaku naik keatas lantai dua kemudian mengambil 1 unit hp berwarna hitam yang sedang di cas berada di kamar anak pelapor. Kemudian pelaku beralih ke depan atau ruangan keluarga, disini pelaku mengambil 1 unit hp yang berada dibawah bantal. Tak hanya itu saja, setelah itu pelaku mengambil 1 dompet warna merah yang didalamnya ada uang sebesar 2 juta rupiah dan 2 stnk motor.
Pelaku mengacak acak lemari lalu mengambil BPKB motor.
Pelaku tidak menyadari jika sesungguhnya ada CCTV yang sempat merekam pelaku saat memasuki ruko korban.

Kembali Kapolres OKU menerangkan kronologis penangkapan.
” Pada hari selasa lalu 31 Juli 2018, sekitar jam 21.30 WIB, anggota resmob mengetahui bahwa pelaku sedang berada di Desa Way heling. Selanjutnya Kasat Reskrim AKP Alex Andriyan melalui Kanit Pidum IPDA Karbianto dan anggota Buser menuju ke tempat pelaku berada. Pada saat dilakukan penangkapan, pelaku melakukan perlawanan terhadap anggota Resmob dengan menembakkan senjata api rakitan sebanyak 2 kali ke arah petugas. Menghadapi pelaku yang seperti ini, anggota resmob memberikan tembakan peringatan, namun tidak di indahkan oleh pelaku, hingga akhirnya petugas terpaksa memberikan tembakan terukur. Namun tembakan inipun tidak menghentikan pelaku dan tetap melarikan diri ke arah hutan yang berada di belakang pondok pelaku “.

” Petugas yang dibantu oleh warga masyarakat Desa Way Heling melakukan penyisiran disekitar lokasi pelaku yang terkena tembakan oleh anggota resmob Polres OKU. Setelah melalukan pencarian selama 2 hari, akhirnya pada hari Kamis (02/08) sekitar jam 22.00 WIB anggota Resmob menemukan tersangka yang telah terbujur kaku di semak-semak hutan Omiba. Kemudian mayat pelaku dibawa ke RSUD Baturaja “, terang Kapolres OKU.

Kasat reskrim Polres OKU menambahkan, bahwa tersangka ini menjadi target petugas berdasarkan 15 LP pencurian dan pemberatan.
” Tersangka ini pada tahun 2011 pernah lari dari rutan Muara enim dengan kasus pencurian motor, pernah juga lari dari pengamanan polsek Baturaja timur, serta Polsek Baturaja barat. Tersangka ini punya ciri khas, yakni pada setiap melakukan aksinya sering meninggalkan kotoran manusia dari dirinya, mungkin ini adalah ilmu hitam yang di anutnya “, jelas Kasat reskrim Polres OKU.

Seiring terhentinya pelarian dan perlawanan pelaku tersebut yang kini telah menjadi jenazah, maka diamankan BB (Barang Bukti), antara lain 1 pucuk senjata api rakitan, 2 butir amunisi aktif dan 2 butir selongsong amunisi kaliber 9 mm, 1 bilah pedang, 1 unit motor, sepasang sepatu boot, dan beberapa unit HP.
(mr)

Link Banner Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Peringatan HUT RI Ke 73 Di Halaman SD 01 Embacang

Komline,Kayu agung – Berbondong bondong masyarakat desa Embacang menghadiri peringatan HUT RI ke 73 yang bertempat …