Home / Gaya Hidup / Ramadhan- Ajaran Rasulullah SAW Berbuka Puasa Dengan Yang Manis

Ramadhan- Ajaran Rasulullah SAW Berbuka Puasa Dengan Yang Manis

Link Banner

Sahabat Komline, Adab berpuasa dilakukan selama seharian penuh yang ditandai dengan rasa haus dan lapar.

Praktik puasa dilakukan sejak di waktu imsak sampai matahari terbenam. Senada dengan makna ramadhan yang berarti panas dan terik yang membakar.

Ada resep berbuka puasa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW yaitu dengan minuman dan makanan yang manis.

Buah kurma dianjurkan saat berbuka puasa.

Biasanya Rasullullah SAW memulai berbuka dengan anggur manis. Namun jika tidak ada buah kurma, jika tidak ada dianjurkan pula dengan seteguk air. Sesuai dengan sabda Rasullah SAW, “Nabi berbuka puasa sebelum sholat dengan buah anggur yang manis. Jika tidak ada, dengan buah tamar (kurma), dan jika tidak ada dengan meminum seteguk air,” Hadist Riwayat Tirmidzi.

Buah anggur ajuran saat berbuka puasa.

Sahabat Komline. Dianjurkannya makan atau minum dengan yang manis saat berbuka puasa adalah lantaran makanan atau minuman yang mengandung gula, akan mudah diserap dan cepat dicerna oleh organ lambung manusia.

Dan ini berpengaruh dalam meningkatkan kadar gula dalam darah, sehingga rasa lapar dan haus yang dirasakan dalam tubuh kita selama seharian berpuasa akan segera berkurang, dan rasa segar akan dirasakan oleh tubuh.

Ajuran meminum air putih saat berbuka puasa.

Begitu juga halnya dengan meminum air putih. Air memiliki fungsi untuk membantu proses biokimia dalam tubuh. Air juga memiliki bagian penting sebagai pelarut dan fungsi baik lainnya dari komposisi makanan.

Lalu, Sudahkah anda berbuka puasa dengan yang manis-manis? Jangan lupa berdo’a sebelum berbuka puasa ya, Sahabat Komline.

(sn)

Link Banner Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Nuryanto, SH Caleg DPRD Banyuasin Partai NasDem Yang Muda Dan Berjiwa Sosial

Komline,Banyuasin- Nur Ahmad Susanto, SH atau yang dikenal akrab dengan Kak Nuryanto oleh masyarakat kabupaten …