Home / Gaya Hidup / Sebab Berpuasa Wajib Diperintahkan Hanya Dibulan Ramadhan

Sebab Berpuasa Wajib Diperintahkan Hanya Dibulan Ramadhan

Link Banner

Komline,- Jauh sebelum puasa diwajibkan kepada uma lslam, ternyata masyarakat di Arab, Mesir Kuno dan bangsa-bangsa sebelum umat Muhammad SAW. Mereka meyakini bahwa berpuasa menjadikan mereka pemberani juga melatih kesabaran dan ketabahan dalam memenangkan peperangan kala itu.

Kata Ramadhan memiliki makna ‘panas’ atau ‘panas yang menyengat’. Kata ini juga bermakna panas atau keringnya mulut dikarenakan rasa haus atau dahaga.

Dijelaskan Imam bin Mandhur dan Ar-Razi menyebutkan bahwa ramadhan memiliki relasi makna yang dekat saling bersentuhan, yaitu sama-sama ‘panas’atau ‘kering’yang disebabkan dari berpuasa.

Sementara, menurut hadist lainnya Islam memandang mulia bulan Ramadhan. Yakni bulan yang lebih baik dari seribu bulan. Yang mana pada bulan itu, Al-Qur’an diturunkan. Semua amalan ibadah manusia dilipat-gandakan.

Keistimewaan bulan ramadhan juga dinyatakan dalam hadist yang riwayatkan Ibnu Khuzaimah, dalam sabdanya ” Bulan Ramadhan permulaannya adalah rahmat, pertengahannya adalah ampunan, dan akhirnya dijauhkan dari neraka, “.

Diantara kemuliaan ramadhan yang lain disebutkan, bahwa bulan ini adalah bulan keberkahan.

Dimana, pada bulan ini ditutup pintu neraka dan dibuka pintu seluas-luasnya. Ramadhan juga mengandung nilai ibadah seribu bulan, yang disebut dengan Lailatul Qodar. Sekaligus bulan obral pahala, dengan hitungan amal kebajikan dalam puasa, menjadi berlipat ganda dari 10 kelipatan menjadi 700 kali lipat.

Amalan membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan

“Allah Azza wa Jalla mewajibkan puasa Ramadhan dan Aku menyunahkan sholat pada malam harinya. Barangsiapa berpuasa dan sholat malam dengan mengharap pahala (keridhoan) Allah SWT, maka ia keluar dari dosanya seperti bayi yang baru dilahirkan,” Hadist Riwayat Ahmad.

Dan Disebutkan dalam firman Allah SWT dalam surah [Al-Baqarah [2]:183] “Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana atas umat sebelum kamu supaya kamh bertakwa.”

Sahabat Komline, maka tidak lah salah bahwa dalam firman Allah SWT yang mewajibkan umat Islam khususnya dalam berpuasa selama satu bulan sebab telah dipenuhi dengan keutamaan dan rahasia bagi umatnya yang beriman. Waallahu’alam..

(sn)

Link Banner Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Prestasi Aswari dan Program Unggulan ASRI Untuk Rakyat Sumsel

Komline, Sumatera Selatan- H. Saifuddin Aswari Rivai atau yang akrab di panggil Kak Wari, dilahirkan …