Home / Seputar Daerah / Sehari Menjelang Pilgub, KPUD OKU Musnahkan Surat Suara Rusak Dan Lebih

Sehari Menjelang Pilgub, KPUD OKU Musnahkan Surat Suara Rusak Dan Lebih

Komline – Hari ini Selasa (26/06), sehari sebelum pencoblosan Pilgub, KPUD OKU lakukan pemusnahan surat suara yang tidak terpakai dan atau yang rusak. Kebanyakan kertas yang dimusnahkan tersebut adalah kertas yang rusak dan kelebihan cetak.

Adapun cara pemusnahan kertas suara tersebut dengan cara di bakar. Pelaksanaan pemusnahan berlangsung di halaman kantor KPUD OKU, Kelurahan Kemelak Bindung Langit, Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten OKU.

Menurut Ketua KPUD OKU Naning Wijaya, pemusnahan surat suara tersebut untuk mengantisipasi penyalah gunaan atas kelebihan surat suara di Pilkada Gubernur Sumatera Selatan. Menurut Naning Wijaya kembali, bahwasannya surat suara yang rusak dan lebih harus dimusnahkan sesuai dengan ketentuan undang-undang yang menyatakan bahwa surat suara ketentuannya adalah Daftar Pemilih Tetap (DPT) plus 2,5 persen dan surat suara yang lebih harus dimusnahkan sehari sebelum pemungutan suara berlangsung.

Dalam pemusnahan surat suara kali ini ada sebanyak 396 surat suara yang rusak dan berlebih.

Pemusnahan surat suara tersebut dengan cara pembakaran yang dilakukan oleh Ketua KPUD OKU Naning Wijaya beserta Bupati OKU Drs H Kuryana Aziz, Ketua Panwaslu OKU Anggie Yumarta, Kapolres OKU AKBP Dra NK Widayana Sulandari, DanPOM Kapten CPM Pander, Kasat Pol PP Agus Salim.

Setelah pemusnahan surat suara rusak dilakukan, dilanjutkan dengan penandatangan Berita Acara pemusnahan surat suara dan ditanda tangani oleh Ketua KPU OKU, Kapolres OKU dan Ketua Panwas OKU. (mara)

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Aliansi Massa GRAMP Dan GARPU Pinta PN Lahat Tangkap Induk Kasus Money Politik Pilkada Kab. Lahat

Komline, Lahat- Pengadilan Negeri Lahat hari ini menggelar sidang dengan agenda mendengarkan keterangan dari saksi-saksi …