Home / Gaya Hidup / Serba Serbi Sakit Maag, Gejala dan Penyebabnya

Serba Serbi Sakit Maag, Gejala dan Penyebabnya

Link Banner

Komline,Orang seringkali menganggap sakit maag adalah penyakit ringan yang tidak perlu dikhawatirkan.

Anggapan tersebut tentunya sangat tidak benar karena penyakit seringan apapun pada dasarnya jika tidak ditangani dengan baik dan serius tentu semakin lama akan menjadi semakin berat dan sulit diatasi.

Masyarakat hari kemarin (Jumat/4 Agustus 2017) dibuat kaget dengan meninggalnya seorang dokter muda multi talenta dr.Ryan Thamrin yang selama ini menjadi presenter TV acara kesehatan. Menurut beberapa sumber beliau satu tahun belakangan menderita penyakit maag (kronis) yang cukup berat hingga akhirnya ajal menjemput beliau di hari Jumat kemarin.

Lalu apa bahaya sakit maag bagi penderitanya jika sudah terlalu berat ? Sebelum bicara bahayanya mari kita simak terlebih dahulu apa itu penyakit maag dan bagaimana perjalanan penyakitnya ya.

Dalam dunia medis sakit maag atau radang lambung disebut dengan istilah Gastritis. Pengertiannya adalah merupakan kondisi dimana lapisan lambung mengalami pengikisan sehingga menyebabkan iritasi / peradangan. Sakit maag / gastritis sendiri dibagi menjadi dua yaitu akut (berkembang secara cepat dan tiba-tiba) dan kronis (berkembang secara perlahan-lahan).

Apa yang dapat mengikis / mengiritasi lambung? Didalam lambung itu sendiri memiliki sel-sel penghasil asam dan enzim yang berguna untuk mencerna/menghancurkan makanan. Kekuatan asam ini sangat kuat menghancurkan sehingga untuk melindungi lapisan lambung dari kondisi radang atau pengikisan asam, sel-sel tersebut juga sekaligus menghasilkan lapisan “lendir” yang disebut mucin. Namun terkadang lapisan mucin ini pada kondisi tertentu tidak (tingginya asam lambung) tidak dapat menahan gempuran asam lambung yang terlampau tinggi sehingga menyebabkan kerusakan pada lapisan lambung yang berakhir menjadi iritasi bahkan perlukaan yang berakibat fatal bagi penderitanya .

Lalu apa gejala tingginya asam lambung yang menyebabkan sakit maag tersebut ?


Beberapa orang kadang tidak merasakan gejalanya tapi sebagian besar memiliki gejala yang khas sebagai berikut :

1. Mulai dari nyeri perut didaerah sekitar ulu hati
2. Panas menjalar hingga dada dan tenggorokan
3. Perut terasa kembung
4. Sering bersendawa
5. Mual muntah
6. Keringat dingin dan terasa pusing kepala
7. Muntah darah
8. Buang air besar darah

Gejala-gejala tersebut tidak selalu ada semua terkadang hanya beberapa gejala yang diderita tiap penderita dan akan berbeda beda satu dengan yang lainnya tergantung berat ringannya penyakit maag.

Selanjutnya ada akibat pasti ada sebabnya, lalu apa penyebab kenapa seseorang bisa mengalami kenaikan asam lambung yang tinggi hingga menyebabkan iritasi dan kerusakan pada lambungnya?

Berikut ini beberapa kondisi yang bisa menyebabkan sakit maag, di antaranya:

Pertama adalah pola makan yang kurang baik, seringan terlambat makan sehingga asam lambung semakin tinggi sementara tidak ada makanan yang dihancurkan akhirnya justru lapisan lambung yang terkikis dan makin lama menjadi luka

Kedua adanya Infeksi bakteri Helicobacter pylori, bakteri ini bisa hidup dan bertahan lama didalam lambung. Karena pola makan yang tidak higienis menyebabkan bakteri dapat masuk dan berkembang biak didalam lambung. Semakin lama bakteri ini akan menggerogoti dinding lambung dan menyebabkan peradangan hebat yang menjadikan seseorang menjadi sakit maag.

Ketiga adanya efek samping penggunaan obat anti-inflamasi nonsteroid (misalnya ibuprofen dan aspirin) dan obat golongan penghilang rasa sakit secara sembarangan tanpa petunjuk dokter.

Keempat yang cukup sering diabaikan adalah masalah psikologi (misalnya cemas dan stres). Seseorang yang mengalami gangguan stres dan kecemasan dapat memiliki peningkatan kadar asam lambung tinggi sehingga menyebabkan kekambuhan sakit maagnya.

Kelima kebiasaan merokok dan minum alkohol, serta terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas/asam, berminyak , santan, caffeine (kopi), soda, coklat dan makanan lain yang sulit dicerna tubuh dimana dapat memperberat sakit maag seseorang.

Keenam adalah beberapa kondisi penyakit lain yang mempengaruhi organ lambung seperti penyakit GERD/ refluks gastroesofagus (pergerakan balik asam lambung menuju kerongkongan), penyakit batu empedu, radang pankreas, penyakit chrone, iskemia usus (berkurangnya aliran darah di usus), penyumbatan dan radang pada usus, penyakit celiac, penyakit hernia hiatus (bagian lambung menonjol ke dalam diafragma), tumor / kanker lambung.

Nah itulah sebab dan akibat dari sakit maag yang bisa dialami semua orang. Di artikel slanjutnya kita akan membahas apa bahaya sakit maag jika tidak ditangani dengan serius dan bagaimana pencegahannya supaya tidak menjadi fatal dan berujung pada kondisi semakin parah dan mematikan. Semoga sahabat semua selalu diberikan kesehatan dan umur panjang.

Salam
Dr. Wahyu Triasmara (DrW)

Baca Juga :APAKAH INI PENYEBAB DOKTER RYAN THAMRIN MENINGGAL DUNIA .

Link Banner Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Pergantian Ketua Persatuan Penggemar Bonsai Indonesia Kabupaten OKU

  Komline – Persatuan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Kabupaten OKU berpindah tangan dari ketua lama …