Home / Kesehatan & Wanita / Setelah Tahu Perbandingan Struktur Tubuh Manusia Dan Hewan, Kita Jadi Tahu Makanan Apa Saja Yang Sebaiknya Kita Konsumsi.

Setelah Tahu Perbandingan Struktur Tubuh Manusia Dan Hewan, Kita Jadi Tahu Makanan Apa Saja Yang Sebaiknya Kita Konsumsi.

Link Banner

Komeringonline.com – Ternyata struktur gigi manusia itu mirip dengan struktur gigi hewan pemakan tumbuhan (herbivora). Dari seluruh gigi manusia yang berjumlah 32 gigi, hanya terdapat 4 gigi taring saja. Itu artinya secara anatomi, manusia didesain untuk lebih banyak makan buah dan sayur dibandingkan makan daging.

Tapi bukan berarti manusia tidak boleh makan daging. Hanya saja pada saat makan daging, kita harus lebih lama mengunyahnya hingga halus sampai akhirnya sampai di pencernaan kita.

Biasanya orang yang sudah berumur diatas 40 tahun akan mengalami kekurangan kadar enzim didalam tubuhnya. Sehingga saat makan daging secara berlebihan, apalagi makan dengan cara terburu-buru dan tidak mengunyahnya secara halus, akan merasakan perut kembung sehingga menjadi tidak nyaman.

Begitu juga dengan usus manusia sebagai mahluk pemakan segala (omnivora). Ternyata sistem pencernaan pada tubuh manusia dan hewan herbivora juga mirip. Usus manusia dan herbivora jauh lebih panjang dibandingkan usus hewan pemakan daging (karnivora).

Itu karena usus manusia dan herbivora didesain untuk menyerap zat-zat gizi dan mineral dari sayuran dan buah-buahan. Sedangkan usus karnivora lebih pendek karena daging yang mereka makan itu cepat membusuk. Sehingga harus lebih cepat diprosesnya agar tidak merusak sistem pencernaan.

Jadi, proses pencernaan makanan yang masuk pada tubuh manusia itu membutuhkan waktu 16-20 jam bahkan sampai 24 jam hingga dikeluarkan keesokan harinya.

Itulah sebabnya manusia sebagai mahluk pemakan segala (omnivora), perlu mengkonsumsi semua jenis makanan secara seimbang agar makanan yang masuk kedalam tubuh tidak meracuni tubuh kita sendiri. (TA)

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Tips Melupakan Mantan Agar Tak Ganggu Kesehatan

Sahabat Komline, Manusia sejatinya adalah mahkluk sosial yang selalu saling membutuhkan dan selalu ada hubungan …