Home / Berita Tokoh / Politik Dan Hukum / Sufmi Dasco Ahmad Sebut Pengesahan Prolegnas 2021 Akan Dilaksanakan di Paripurna Terdekat

Sufmi Dasco Ahmad Sebut Pengesahan Prolegnas 2021 Akan Dilaksanakan di Paripurna Terdekat

Komline, Jakarta- Prolegnas prioritas tahunan seyogyanya dibahas sebelum tahun berganti. Namun, prolegnas 2021 dibahas di awal tahun 2021. Padahal, seharusnya di Oktober 2020, pembahasan prolegnas prioritas sudah selesai.

Wakil Ketua Badan Legislasi DPR Willy Aditya mengakui pengesahan prolegnas prioritas 2021 terlambat.

“Jadi prolegnas itu kan disahkan memang terlambat, biasanya di akhir tahun sekitar November-lah, ini mundur ke Januari, karena apa, karena memang ada beberapa persoalan dinegosiasikan oleh pimpinan,” kata Willy.

Akan tetapi, menurut Willy, beberapa RUY secara substansi tidak mengganggu jadwal DPR di tahun 2021.

“Karena dia masih di proses yang berjalan. Jadi, memang itu pun sudah sangat kecil, dari 2020 dia 50 (RUU), turun jadi 38, sekarang turun jadi 33,” tutur Wakil Ketua Fraksi NasDem itu.

“Dan itu nanti kan setiap saat kita bisa melakukan evaluasi periodik mana yang bisa jalan mana yang tidak. Jadi, ada 8 RUU yang bisa kita eksekusi secara cepat. RUU PDP on process, RUU Pemilu on process, habis itu ASN surpresnya sudah turun, Kebencanaan sudah nunggu surpres dan lain-lain. Jadi, itu bisa cepat-lah,” imbuh Willy.

Ketika ditanya, apakah pengesahan di tahun 2021 melanggar aturan, Willy membantah. Ia beralasan, bahwa kini ada tren pergeseran di parlemen seluruh dunia, termasuk Indonesia.

“Yang harus kita lihat itu kan kebutuhan, jadi yang harus kita lihat juga terjadinya pergeseran tren perlemen dunia. Kan fungsi DPR itu: legislasi, penganggaran dan pengawasan. Selama ini parlemen dunia itu trennya menjadi fungsi pengawasan, banyak UU yang sudah diketok di DPR realisasinya kan mangkrak. Maka kemudian itu yang bergeser. Harusnya kemudian memang lebih efektif dan efisien. Lalu yang kemudian memang akan dididorong DPR adalah fungsi pengawasan,” terang Willy.

Sebanyak 33 RUU Prolegnas 2021 sudah diketuk di pengambilan tingkat I Badan Legislasi DPR. Namun, untuk memulai dibahas, puluhan RUU itu wajib disahkan terlebih dahulu di pengambilan tingkat II (paripurna DPR). Kapan?

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, menyebut pengesahan prolegnas 2021 akan dilaksanakan di paripurna terdekat. Sebab, paripurna sebelumnya hanya beragenda tunggal, yaitu pengesahan Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo.

“Paripurna ke depan (pengesahan prolegnas 2021), karena paripurna kemarin agenda cuma PAW dan persetujuan calon Kapolri,” kata Dasco, Minggu (24/1).

Ketika ditanya apakah kemungkinan pada paripurna sebelum masa reses, Dasco mengamini.

“Sepertinya begitu,” tutur Dasco singkat.

Link Banner Link Banner
Facebook Comments

Check Also

IMM Sumsel Apresiasi Gemapela Laporkan Dugaan Korupsi Penanganan Covid-19 Kabupaten Lahat Ke KPK

Sumatera Selatan – Lahat, menjadi mercusuar bagi Gerakan Kepemudaan di daerah untuk bersuara dan selalu …

%d bloggers like this: