Home / Peristiwa / Sufmi Dasco Ungkap Peserta Rapat Saat Fit and Proper Test Calon Kapolri Akan Dibatasi

Sufmi Dasco Ungkap Peserta Rapat Saat Fit and Proper Test Calon Kapolri Akan Dibatasi

Komline, Jakarta- Komisi III DPR akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon tunggal kapolri Listyo Sigit Prabowo Rabu (20/1/2021).

Sufmi Dasco Ahmad menuturkan, setelah diputuskan rapat badan konsultasi pengganti bamus, Komisi III akan menindaklanjuti rangkaian fit and proper test calon Kapolri baru.

“Soal fit and proper test, soal RDP itu adalah domain Komisi III di mana hasil RDP ada masukan dari masyarakat itu salah satu bahan Komisi III untuk memberikan pertimbangan keseluruhan hasil fit and proper test,” paparnya.

Lebih lanjut, Dasco mengaku, tidak ada yang baru mengenai kebijakan calon tunggal Kapolri yang diusulkan Presiden Jokowi, lantaran sebelumnya juga Presiden selalu mengusulkan satu nama sebagai calon Kapolri.

“Apa yang disampaikan oleh Presiden, bukan sekali ini saja soal calon Kapolri tunggal, tetapi memang sudah beberapa kali,” jelas legislator asal Dapil Banten 3 ini.

Dasco pun menambahkan, mekanismenya memang Presiden menyerahkan usulan nama calon Kapolri kepada DPR RI untuk kemudian diproses menurut ketentuan yang berlaku, yakni melalui tahapan fit and proper test.

“Jadi mekanisme ini memang diserahkan kepada Presiden sesuai dengan ketentuan yang berlaku, apabila sudah diserahkan ke DPR, maka kami akan memproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku di DPR,” pungkas Sufmi Dasco Ahmad.

Link Banner Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Laporan soal Pelanggaran Prokes Jokowi di NTT Kembali Ditolak Bareskrim

Komline, Jakarta- Bareskrim Polri kembali menolak laporan terkait kerumunan massa saat kunjungan Presiden Joko Widodo …

%d bloggers like this: