Home / Berita Tokoh / Survei LKPI -Tren Elektabilitas Sarimuda-Rozak Naik Konsisten

Survei LKPI -Tren Elektabilitas Sarimuda-Rozak Naik Konsisten

Link Banner Link Banner

Komline, Palembang- Elektabilitas Pasangan calon (paslon) walikota Duo Insinyur, Ir. H. Sarimuda, MT dan Ir. H. Kgs H Abdul Rozak, MSc yang diusung oleh partai Gerindra, PKS dan NasDem tersebut, meraih angka 53 % perolehan suara.

Survei Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI) menjelaskan, “Temuan survei bulan Mei akhir terekam bahwa pasangan Sarimuda-Kgs.Abdul Rozak (SADAR) memperlihatkan tren elektabilitas kenaikan konsisten dari survei-survei sebelumnya,” kata Direktur Eksekutif LKPI, Arianto.

Dirut LKPI Arianto menyebutkan, peluang pasangan calon walikota dan calon wakil walikota Sarimuda-Rozak dapat mencapai elektabilitas lebih dari 50 %. Artinya, dilihat dari uji simulasi perpindahan dukungan ke masing-masing pasangan calon.

Dalam survei terakhir, dibulan Mei Ada sekitar 38% pemilih menjatuhkan pilihannya pada Sarimuda-Rozak. Pertanyaan diajukan kepada setiap responden. Seandainya pemilihan langsung walikota dan wakil walikota Palembang dilaksanakan pada hari ini. 38 % Jawaban responden memilih Sarimuda-Rozak, 29% memilih Harnojoyo-Fitrianti Agustinda, 8% memilih Mularis Djahri-Sayidina Ali dan 3% memilih M. Akbar Alfaro-Hernoe Roespridadji. Sedangkan 22% lainnya belum menentukan pilihan.

“Dari pemilih yang akan mengubah pilihannya tadi dan kami hubungkan dengan tingkat keyakinan pemilih bagi paslon yang dipilihnya untuk menang di pilkada nanti, Sarimuda-Rozak Kgs. Abdul Rozak memilih tingkat keyakinan 53 %,Harnojoyo-Fitrianti 44%, Mularis Djhari 8% dan M. Akbar Alfaro-Hernoe Roespridadji 5%.

Arianto menjelaskan, tracking survei sudah dilakukan sebanyak 3 kali, paslon SADAR dibulan maret sudah bisa menyalip pasangan calon lain. Survei yang dilakukan LKPI dengan mengambil 882 responden di 82 kelurahan yang tersebar secara proporsional di seluruh kecamatan di Kota Palembang. Metode penarikan sample dengan multistage random sampling lengkap dengan depth interview MOE +/-3,5% dengan tingkat kepercayaan 95%.

(sn)

Link Banner Link Banner Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Kaum Ibu sangat berperan Aktif dalam kegiatan kemasyarakatan

Komline-Jakarta, Kaum Ibu sangat berperan Aktif dalam kegiatan kemasyarakatan, Bertempat di kediaman Bang Roni,yang merupakan Tokoh masyarakat …