Home / Peristiwa / Tangkal Konten Negatif Dengan Gerakan Nasional Literasi Digital #SiBerkreasi.

Tangkal Konten Negatif Dengan Gerakan Nasional Literasi Digital #SiBerkreasi.

Komeringonline.com – Selamat sore sahabat Komliner semua, seperti yang kita lihat akhir-akhir ini, konten berita bohong (hoax), ujaran kebencian, pornografi dan konten negatif lainnya semakin marak terjadi. Kenyataan seperti ini jangan sampai dibiarkan dan didiamkan begitu saja, karena bisa menimbulkan kegelisahan masyarakat, dan bisa pula mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

Menurut data terakhir pada Oktober 2017, Pemerintah melalui Kemenkominfo sudah memblokir lebih dari 800 ribu situs bermuatan konten negatif, dan ini juga belum termasuk konten negatif di media sosial.

Pemerintah memang memiliki kewajiban dalam upaya pencegahan penyebarluasan dan penggunaan Informasi dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang dilarang sesuai ketentuan Peraturan perundang-undangan. Namun tidak ada salah nya, jika kita semua bersama kelompok masyarakat lainnya untuk turun tangan bersama-sama membantu pemerintah.

Untuk menjawab hal tersebut di atas, saat ini telah diluncurkan Gerakan Nasional Literasi Digital #SiBerkreasi. Adapun Gerakan Nasional Literasi Digital #SiBerkreasi ini sesuai dengan Siaran Pers Kemkominfo Nomor 184/HM/KOMINFO/10/2017 Tanggal 2 Oktober 2017, tentang
Gerakan Nasional Literasi Digital #SiBerkreasi Ajak Masyarakat Sebar Konten Positif.

Gerakan #SiBerkreasi merupakan kolaborasi berbagai institusi pemerintah, swasta, komunitas dan penggiat literasi digital termasuk perusahaan. Dengan hadirnya kegiatan seperti ini, diharapkan para pengguna internet di Indonesia akan semakin cerdas dalam menghadapi tantangan yang serius terkait maraknya konten negatif di internet.

Melalui gerakan ini, hendaknya sahabat komliner semua khususnya generasi muda, bisa ikut aktif memproduksi dan ikut menyebarkan konten positif di internet. Bentuknya bisa macam-macam, apakah itu berita-berita positif, resensi buku, film, cerpen, kampanye sosial tertentu, atau yang paling sederhana, misalnya adalah tidak ikut menyebar hoax di media sosial. (TA)

Facebook Comments

Check Also

Maksimalkan Pelayanan, Kapolri Terima Laporan Via WA

Komline, Jakarta- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, masih menerima pengaduan masyarakat yang dikirim langsung …

%d bloggers like this: