Home / Peristiwa / Terkait Kasus Mahasiswa Di-smackdown Polisi, Mahasiswa Tangerang Kaji Proses Hukum yang Akan Dilakukan

Terkait Kasus Mahasiswa Di-smackdown Polisi, Mahasiswa Tangerang Kaji Proses Hukum yang Akan Dilakukan

Komline, Jakarta- Ketua Umum Forum Himpunan Mahasiswa Tangerang (HIMATA), Rifky Firmansyah mengatakan pihaknya masih fokus pada penanganan penyembuhan kesehatan rekan mereka, Fariz, yang dibanting ala smackdown oleh polisi saat berunjuk rasa di depan Kantor Bupati Tangerang, Banten, pada Rabu (13/10).

Di satu sisi, pihaknya pun masih mengkaji untuk melaporkan dugaan tindak pidana atas bantingan aparat kepolisian dalam pengamanan aksi unjuk rasa terhadap kader tersebut.

“Betul, betul. Karena kajian sedang dibuat juga. Lagi proses pembuatan sama teman HIMATA juga,” kata Rifky.

Jika kajian tersebut lengkap, lanjut Rifky, pihaknya masih mempertimbangkan dari diskusi kader-kadernya, apakah akan menyeret pelaku tersebut ke ranah hukum.

“Nanti tergantung hasil kajian bagaimana diskusi teman-teman HIMATA juga,” ungkapnya.

Rifky juga menyoroti perkembangan pemeriksaan pelaku tersebut di Propam. Pihaknya mengawal pemeriksaan pelaku pembantingan terhadap kadernya itu agar diberikan tindakan yang tegas oleh kepolisian.

“Jadi yang dikhawatirkan pemeriksaan secara internal nanti bulet, bulet dalam arti apa diomongin tidak sesuai dengan realita,” tegasnya.

“Maka dari itu saya juga masih berkoordinasi dengan pihak kepolisian sampai sejauh mana, sejauh mana proses dari internal lembaga kepolisian dalam menindak tersangka. Teman-teman masih mengkaji proses hukum berikutnya,” imbuh Rifky.

Secara terpisah, pada hari yang sama, Kapolresta Tangerang Kombes Wahyu Sri Bintoro menyatakan Brigadir NP yang membanting Fariz masih diperiksa Mabes Polri dan Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Banten. Sementara untuk sanksi masih menunggu hasil pemeriksaan tersebut.

“Bapak Kapolda Banten sangat atensi sekali. Makanya sambil menunggu proses pemeriksaan dari Mabes Polri, Bid Propam Polda Banten sudah melakukan pemeriksaan termasuk bersangkutan sampai saat ini masih di tangani Bid Propam Polda Banten,” ujar Wahyu kepada wartawan, Jumat (15/10).

Facebook Comments

Check Also

Simak! Begini Prediksi Cuaca BMKG di Malam Tahun Baru 2022

Menjelang akhir tahun, penting untuk mengetahui prediksi cuaca saat perayaan tahun baru 2022 mendatang. Badan …

%d bloggers like this: