Home / Peristiwa / Ternyata Ini Alasan Pelaku Menghabisi Nyawa Korban Di Lorong Bersama Baturaja, OKU

Ternyata Ini Alasan Pelaku Menghabisi Nyawa Korban Di Lorong Bersama Baturaja, OKU

Link Banner

Komline – Kasus pembunuhan di Desa Air Paoh, Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten OKU yang sempat menghebohkan warga masyarakat lorong Bersama pada tanggal 18/04, akhirnya kini terungkap sudah pada Sabtu (28/04), sekitar jam 21.30 WIB pelaku berhasil ditangkap oleh Sat Reskrim Polres OKU di Bandar lampung.

Diketahui bahwa pelaku adalah orang yang dekat dan mengenal baik keluarga korban. Begitupun dengan keluarga korban yang tentunya telah pernah berjasa terhadap pelaku, lantaran pelaku pernah bekerja di PT. Mitra Ogan berkat bantuan suami korban. Sebelum pembunuhan tersebut terjadi, pelaku mengunjungi rumah korban setelah suami korban berangkat bekerja ke PT. Mitra Ogan. Kondisi korban saat itu sedang sendirian. Kedatangan pelaku tentunya diterima dengan baik oleh korban. Pelaku sempat disuguhi minum dan juga sempat merokok sebelum terjadinya tindakan pembunuhan tersebut.

Kapolres OKU AKBP Dra Ni Ketut Widayana Sulandari didampingi Kasat Reskrim Polres OKU AKP Alex Andriyan S.kom serta anggota resmob melaksanakan press realese pada pukul 08.00 WIB (29/04)

” Motifnya adalah dendam, tersangka ini bernama Rahmat Sumaidi (57). Pelaku ini mempunyai hutang dengan orang lain yang beberapa waktu lalu digunakannya untuk membiayai pernikahan kedua kalinya, dan pembayarannya jatuh tempo pada 25 April 2018 “, terang Kapolres OKU.

” Maksud pelaku mendatangi korban tersebut adalah meminjam uang untuk digunakan membayar hutang yang sudah harus dibayarkan tadi.
Namun, korban tidak dapat meminjamkan uang yang diminta pelaku “, terang Kapolres OKU kembali.

” sebelumnya pelaku pernah dua kali meminjam uang pada korban, pada pertama kali tidak diberi pinjaman, lalu kedua kali hanya diberi uang ongkos oleh korban, dan kedatangan pelaku saat itu adalah untuk meminjam uang ketiga kalinya “, kata Kapolres OKU.

Karena keinginannya untuk dapat pinjaman uang dari korban berulang kali tidak dipenuhi, maka terjadilah tindak pembunuhan.
Korban dipukul pada belakang kepala dan belakang telinga beberapa kali dengan memakai benda keras yang biasa dipakai untuk servis kendaraan, saat korban hendak masuk ke kamarnya.
Kemudian setelah korban roboh, pelaku melakban mulut hingga menutupi wajah korban. Diduga lantaran tidak dapat bernafas menjadi penyebab korban akhirnya meninggal dunia. Setelah itu pelaku sempat mencuci tangannya di kamar mandi korban, sehingga meninggalkan bercak darah pada gayung yang digunakan pelaku.

Berawal dari TKP ditemukan HP korban kena bercak darah yang ada sidik jari milik tersangka, dan disamping HP ada sobekan buku kenangan pramuka yang ternyata buku ini hanya dimiliki oleh 5 orang di Baturaja.
Buku ini disita di rumah tersangka yang berawal dari penyelidikan siapa sajakah yang memiliki buku ini.
Istri pertama tersangka (almarhum) adalah salah satu pemilik dari 5 buku tersebut. Berawal dari penemuan inilah akhirnya semakin memperkuat petunjuk yang mengarah kepada pelaku.

Berkat kegigihan anggota Polres OKU dalam hal ini Sat Reskrim Polres OKU dibawah pimpinan AKP Alex Andriyan S.Kom, akhirnya pelaku berhasil dibekuk di Tanjung Karang, Bandar Lampung, Sabtu (28/04),sekitar pukul 21.30 WIB
Saat dibekuk, tersangka sempat mencoba melarikan diri, sehingga terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas oleh anggota Sat Res Polres OKU.

” Pelaku dijerat dengan pasal 340 tentang pembunuhan berencana, dengan hukuman maksimal se-umur hidup “, pungkas Kapolres OKU.

Kini tersangka telah diamankan di Polres OKU, bersama barang bukti diantaranya, alat yang dipakai untuk memukul korban, motor yang dipakai tersangka, gayung, buku kenangan pramuka, tas korban, HP korban, air cup bekas tersangka minum, dan lain-lain. (mara)

Link Banner Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Kenang Kebaikan Hati, Keluarga Besar Ikatan Semende Komitmen Bursah Zarnubi Bupati Lahat Terpilih

Komline, Lahat- Sebagai bentuk dukungan kepada pasangan calon nomor urut 4 Kediaman rumah H. Bursah Zarnubi, …