Home / Kesehatan & Wanita / Tidak Ada TPS , Di bawah Jembatan di Kabupetan Lahat Ini Penuh Sampah !

Tidak Ada TPS , Di bawah Jembatan di Kabupetan Lahat Ini Penuh Sampah !

 

Lahat-Bungamas, 2 Oktober 2020 Kikim Timur- Para Mahasiswa dan Pemuda yang tergabung di Gemapela kembali bergerak, kali ini kebersihan lingkungan yang menjadi sorotan, Dengan tema “Sampah Mata Air”. Jembatan bungamas merupakan jembatan penghubung lintas desa sampai daerah provinsi dan menjadi jembatan ikon di wilayah Kikim Kabupaten Lahat Sumatera Selatan , dibawah jembatan ini merupakan pertemuan antara dua sumber sungai yaitu sungai kikim dan sungai saling yang dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk keperluan sehari-hari, tetapi disekitaran sungai ini sangat tercemar sehingga kurang layak untuk dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Andika Saputra selaku koordinator kegiatan mengatakan sampah ini sengaja dibuang kesungai karena hampir seluruh desa yang berada di sekitaran aliran sungai belum mempunyai Tempat Pembuangan Sampah (TPS).

“Kegiatan bersih-bersih ini merupakan bentuk kepedulian mahasiswa dan pemuda akan lingkungan khususnya sungai yang tercemar, dan hal ini salah satu teguran bagi pemerintah daerah yang belum sadar perihal bahaya sampah” Tegas Andika

Salah satu warga penambang pasir yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan “kami tidak ada tempat pembuangan sampah, dan setau kami tempat membuang sampah itu di sungai” jelas warga.

“Keberadaan sungai sangat penting bagi masyarakat yang hidup disekitar bantaran sungai karena masih banyak masyarakat yang menggantungkan keperluan sehari-harinya disungai tersebut sehingga perlu dijaga kebersihannya” Tegas Andika

Karena tidak ada TPS Gemapela menuntut tanggung jawab Kades di area yang dialiri sungai dan Camat Kikim Timur, alhasil mereka merespon dengan baik dan pada akhirnya sampah ini di buang di kumpulan sampah terdekat walaupun bukan TPA.

Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari di 5 Kecamatan Kikim dengan harapan pemerintah akan segera melakukan Aksi nyata untuk mewujudkan lahat Bercahaya.

(Legawa)

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Quran Al Ittifaqiah Ogan Ilir.

Ogan Ilir – Himpunan mahasiswa pendidikan agama Islam dari sekolah tinggi ilmu tarbiyah Al Quran …

%d bloggers like this: