Home / Peristiwa / Tiru India, Pemerintah Terapkan PPKM Mikro Turunkan Kasus Covid-19

Tiru India, Pemerintah Terapkan PPKM Mikro Turunkan Kasus Covid-19

Komline, Jakarta- Diketahui, pemerintah resmi menerapkan PPKM skala mikro mulai 9 Februari 2021. Sejumlah posko hingga tingkat desa disiapkan untuk mendampingi puskesmas dalam menangani pasien covid-19 yang diisolasi.

Sementara, kasus positif covid-19 bertambah 8.054 menjadi 1.271.353 kasus per Sabtu (20/2). Dari total kasus tersebut, sebanyak 1.078.840 orang telah sembuh dan 34.316 orang meninggal dunia.

Jumlah daerah dengan risiko tinggi penularan virus corona pun terus meningkat. Sejauh ini, Provinsi DKI Jakarta menjadi daerah dengan jumlah kasus terbanyak.

Presiden Joko Widodo menyatakan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro juga dilakukan di India. Negara itu diklaim berhasil menurunkan angka penularan covid-19 setelah menerapkan PPKM.

“Kami kan tanya ke menteri kesehatan India karena di sana bisa terjunnya tajam sekali, apa kuncinya? Apa yang kita dengar mereka melakukan lockdown,ternyata tidak. Ternyata mereka melakukan lockdown mikro,” ucap Jokowi dalam video resmi, dikutip Sabtu (20/2).

Jokowi menyatakan India memang sempat melakukan lockdown total. Namun negara itu kemudian mengubahnya menjadi PPKM mikro.

“Jadi kalau ada di negara lain yang berhasil, kita juga. Tapi tidak mungkin kita meniru yang negara kecil, tidak mudah, kita negara besar,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, skema lockdown total dalam menangani covid-19 tak akan efektif. Pasalnya, hal itu akan memengaruhi ekonomi.

“Karena tidak efektif, ya wong yang merah RT, yang di lockdown satu kota, ekonominya dong yang kena. Kalau kena satu kelurahan ya satu kelurahan saja yang isolasi, dikarantina,” jelas Jokowi.

Link Banner Link Banner
Facebook Comments

Check Also

PERMAHI PEKANBARU MENGECAM TINDAKAN REKTOR UNILAK RIAU D.O MAHASISWANYA

Komline, Jakarta- Pemberhentian atau drop out (DO) yang kembali dialami mahasiswa Universitas Lancang Kuning (UNILAK) …

%d bloggers like this: