Home / Seputar Daerah / “Tour de Ranau” Angin segar pengembangan sektor pariwisata Kabupaten OKU Selatan.

“Tour de Ranau” Angin segar pengembangan sektor pariwisata Kabupaten OKU Selatan.

Link Banner

Komline,Palembang- Pertumbuhan ekonomi suatu daerah menjadi indikator keberhasilan pembangunan ekonomi, karena dengan kekuatan fiskal akan menumbuhkan kemandirian dalam pembangunan. setiap kabupaten / kota memiliki konsep pembangunan ekonomi masing masing berdasarkan pada potensi sumber daya alam nya.

 

Perkembangan ekonomi menurut Linda Nazareth (pakar ekonomi kontemporer) menyatakan “saat ini sudah masuk era leisure ekonomi yaitu era dimana pertumbuhan ekonomi tidak lagi bertumpu pada komoditas barang (pertanian dan industri) namun sektor jasa yang menawarkan kesenangan atau leisure, salah satunya sektor pariwisata’.

 

Sektor pariwisata di kabupaten OKU Selatan sangat lah potensial untuk di kembangkan, salah satu tempat wisata andalan di OKU Selatan adalah danau Ranau, yang memilik kawasan wisata alam, wisata edukasi, wisata agro, wisata kuliner dan wisata budaya.

 

Pengelolahan kawasan wisata danau Ranau sudah ada peningkatan, berdasarkan data BPS , 2018. Jumlah wisatawan yang berkunjung ke ranau tahun 2017 mencapai 30.030, naik lebih dari 100% dari 2016 yang hanya pada kisaran angka 13.534, namun kontribusi sektor pariwisata ini dalam struktur PDRB OKU Selatan tahun 2017 hanya dikisaran 1%.

 

Wacana yang dilontarkan oleh gubernur Sumatera Selatan mengenai tour de Ranau yang merupakan event balap sepeda internasional, dapat memberikan harapan untuk pertumbuhan ekonomi kerkerakyatan.

 

Melihat potensi wisata danau Ranau yg kaya sangat memungkinkan tour de ranau akan diminati oleh banyak wisatawan mancanegara, namun banyak sekali harus di benahi dan di persiapkan.

 

Akses menuju ke danau Ranau yang jauh dari ibu kota provinsi menjadi perhatian utama, apabila melihat kondisi jalan yang sempit dan banyak yg rusak sedang. Dan hotel atau penginapan yang ada saat ini jumlah nya sangat terbatas.

 

Wacana ini harus di persiapkan dengan matang di semua komponen pendukung nya seperti infrastruktur fisik, pelebaran jalan dan percepatan pembangunan lapter, hotel serta mempersiapkan SDM yang kreatif dan inovatif .

 

Oleh karena itu pemerintah kabupaten harus menindak lanjuti wacana ini dengan serius, karena Ranau bisa dijadikan kawasan ekonomi yang fokus pada sektor pariwisata dan agro-industry sehingga terjadinya Pertumbuhan industri kreatif, hotel dan restoran, yang akan membuka lapangan pekerjaan sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat dan menjadi sumber PAD kabupaten ini.

Jayansyah,S.Si

Aktivis OKU Selatan.

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Pelantikan dan Rakorda DPD Perkumpulan Gerakan Kebangsaan Kabupaten OKU Selatan

Komline,Muaradua- 15 April 2019 Dewan Pengurus daerah perkumpulan gerakan kebangsaan mengadakanpelantikan pengurus Daerah  dan Kecamatan …