Home / Curhat Om / Tragedi Penembakan Di Selandia Baru Rawan Konflik Agama

Tragedi Penembakan Di Selandia Baru Rawan Konflik Agama

Link Banner

Komline, Palembang- Peristiwa penembakan oleh sekelompok orang di dua Masjid Kota Cristchurch, Selandia Baru, sangatlah bertolak belakang dengan posisi Selandia Baru sebagai Negara teraman di dunia versi global peace index. Peristiwa yang terjadi 15 Maret 2019, pada pukul 13:45 waktu setempat tersebut, telah menyebabkan 49 korban meninggal dunia yang dua diantaranya adalah Warga Negara Indonesia (WNI).

Dalam hal ini, Pemerintah Indonesia harus melakukan tindakan dan menyatakan sikap terkait peristiwa tersebut agar kejadian tersebut segera cepat dituntaskan sebagai persoalan hukum. Dimana isu penembakan tersebut rawan akan ketersinggungan antar kelompok agama, dan dikhawatirkan akan menimbulkan konflik antara pemeluk agama.

Isu yang berkembang seharusnya dimanifestasikan sebagai persoalan hukum, jangan sampai masyarakat mengartikan peristiwa tersebut sebagai persoalan agama. Walaupun tidak dapat dihindari bahwa isu yang berkembang terkait kejadian penembakan tersebut dipandang sebagai kasus intoleransi yang terjadi pada umat muslim di Selandia Baru.

Terjadinya peristiwa tersebut, salah satunya disebabkan oleh isu yang akhir-akhir ini berkembang di Dunia Barat/Benua Eropa mengenai Islamofobia, dimana ketakutan kepada ajaran islam dan umat islam yang disebabkan banyak hal, seperti ketakutan akan serangan kultur maupun anggapan islam merupakan agama yang keras.

Apabila peristiwa tersebut tidak dapat dikendalikan dan berkembang sebagai isu intoleransi, hal tersebut akan menimbulkan emosional kelompok. Dimana akan menggerakan elemen-elemen umat islam di Indonsia. Apalagi terdapat WNI yang menjadi korban dalam kejadian tersebut.

Dengan kejadian ini, kita harus meningkatkan peran aktif Negara Indonesia dalam menjaga kebebasan beragama dan beribadah bagi pemeluk agama masing-masing, sehingga konflik-konflik agama di dunia ataupun di Indonesia dapat berkurang, bahkan tidak ada lagi.

Penulis : Ari Setiawan

BACA JUGA:

Sadis! Seorang Teroris Selandia Baru Bantai Muslimin Sholat Jum’atan

Prabowo Subianto Turut Berduka Atas Tragedi Penembakan Di New Zealand

Presiden Jokowi Kecam Keras Aksi Penembakan Muslim Di Selandia Baru

(SN)

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

“Apa Pentingnya Generasi Millenial Dalam Pemilu Serentak 2019”

Komline, OKU Selatan- Pemilu serentak pada tanggal 17 April 2019 yang bertujuan untuk memilih anggota …