Home / Berita Tokoh / Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco : RUU HIP Belum Dibahas, Kami Terbuka Dengan Masukan Publik

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco : RUU HIP Belum Dibahas, Kami Terbuka Dengan Masukan Publik

Link Banner

Komline, Jakarta– Munculnya Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) menuai pro kontra di tengah masyarakat. Salah satu penyebabnya adalah TAP MPRS No XXV/MPRS/1966 soal pelarangan ideologi komunisme yang tak masuk sebagai konsideran RUU tersebut.

Wakil Ketua Umum DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menjelaskan, saat ini RUU HIP belum dibahas DPR dan masih menunggu Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) dari setiap fraksi.
Lanjut Dasco, ia menjamin DPR membuka diri terhadap sejumlah masukan dari masyarakat agar pembahasan RUU HIP berjalan dengan baik.

“RUU HIP itu belum masuk pada pembahasan, masih menunggu DIM dari fraksi-fraksi. Tentunya DPR sudah menjanjikan, apabila ada satu UU dan menarik perhatian masyarakat, pasti kami menerima atau meminta masukan dari masyarakat dulu. Ada jangka waktunya itu sebelum kemudian melakukan pembahasan,” kata Dasco kepada wartawan, Senin (15/6/20).

Dasco melanjuutkan, pihaknya menyambut baik adanya masukan dari sejumlah organisasi masyarakat. Dirinya meminta agar masukan itu disampaikan secara resmi ke DPR.
“Tentunya kami menghargai pendapat yang berkembang di masyarakat baik secara perorangan maupun organisasi. Kami juga meminta agar aspirasi itu kemudian dituangkan secara resmi kepada DPR RI,” ucapnya.

Dasco yang juga Wakil Ketua Umum Gerindra itu mengatakan DPR tak dapat langsung menolak usulan sebuah RUU. Sesuai mekanisme, RUU harus melalui proses pembahasan terlebih dahulu.

Sebelum pembahasan, lanjutnya, DPR akan mengadakan FGD dengan masyarakat untuk menerima masukan.

“Kita belum membahasnya (RUU HIP), belum ada daftar isian masalah, belum menerima masukan juga dari masyarakat, ya enggak bisa langsung tolak. Kan ini ada mekanismenya. Kami akan membuat FGD seperti yang sudah kami sampaikan beberapa waktu lalu untuk. Kemudian mari sama-sama kita melakukan sharing, agar masyarakat atau publik serta bisa menafsirkan dengan jelas apa RUU yang sedang dibahas pada saat ini,” tandas Dasco.

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Hindari Penyebaran COVID19, Istana Perketat Protokol Kesehatan

Komline, Jakarta– Virus COVID19 yang hingga detik ini masih merajalela di bumi pertiwi membuat semua …

%d bloggers like this: