Home / Seputar Daerah / Yukk, Lebih Mengenal Potensi di Ulu Ogan, OKU

Yukk, Lebih Mengenal Potensi di Ulu Ogan, OKU

Link Banner

Komline – Sebelumnya masih sedikit orang yang mengenal nama daerah Ulu Ogan, Kabupaten OKU. Namun, beberapa tahun terakhir namanya mulai naik saat keberadaan air terjun Kambas yang beberapa waktu lalu dijadikan lokasi syuting acara Adventure di salah satu TV Nasional.

Kemudian Ulu Ogan juga terkenal dikalangan Pecinta Kopi khususnya di Sumatera dengan Kopi Robusta Ulu Ogan.

Tahukah Anda “Bumi Teluk Enam” ini
menyimpan harta kekayaan alam yang sangat banyak. Beberapa diantaranya :

1. Geothermal Bukit Balai, salah satu terbesar di ASEAN, yang beberapa waktu lalu telah di Amdal oleh pihak Pemerintah OKU, yakni PT.PGE Di Muara Enim, dengan 7 sumur pengeboran minyak berada di kawasan Ulu Ogan.

2. Terdapat beberapa mata air yang menyatu menjadi satu yaitu Sungai Ogan.

3. Kopi : ya, beberapa tahun ini memang nama kopi Ulu Ogan tak setenar kopi daerah lain di Sumsel yang lebih dahulu “naik daun”, namun perlahan kopi Ulu Ogan mulai dicari hingga tersedia di kedai-kedai kopi di Kabupaten OKU hingga ke pulau Jawa.

4. Terletak di Jajaran Bukit Barisan yang Subur dan sempat terjadi gempa Tektonik beberapa tahun belakang yang menandakan bahwa di Ulu Ogan terdapat Gunung Purba yang aktifitasnya mungkin aktif kembali, seperti halnya G. Nanti 1619mdpl, G. Ringgit 2129mdpl yang Berbatasan langsung dengan Kabupaten OKU Selatan dan Muara Enim. Hal yang bisa dibilang masuk akal karena di Ulu Ogan sendiri terdapat banyak Air Panas Gemukhak (Air Mendidih).

5. Potensi wisata alam berupa Air Terjun, Air Panas hingga Wisata Budaya.

Dan Kecamatan Ulu Ogan ini sendiri pada zaman Pemerintahan Kesultanan Palembang Darussalam tergabung dalam satu lingkup wilayah Marga Lugan.

Permasalahan masyarakat Ulu Ogan ini sendiri lebih menyangkut ke akses bakal masuk ke kampung Warga. Memang daerah Ulu Ogan ini sendiri Kontur Alamnya berbukit-bukit mengakibatkan sering terjadinya longsor.

Disisi lain Ulu Ogan sendiri banyak melahirkan Putra Daerah terbaik yang dikenal di tingkat Kabupaten maupun Nasional. Sebut saja seperti artis sekaligus Presenter TV Nasional Gilang Dirga, yang mana ayahnya kelahiran Desa Mendingin, Kecamatan Ulu Ogan, Kabupaten OKU. Serta beberapa pejabat, Paspampres, Perwira Tinggi TNI-Polri, hingga pengusaha sukses baik dalam maupun di luar negeri.

Saat berkunjung ke beberapa desa di Kecamatan Ulu Ogan beberapa waktu lalu (red.), memberikan kesan yang mendalam. Ulu Ogan bukan hanya alamnya saja yang penuh keindahan nan alami, ternyata masyarakatnya pun penuh keramahan terhadap pendatang maupun pengunjung. Semoga ke depannya Ulu Ogan akan semakin maju dan berkembang. (syakylugan)

Link Banner
Facebook Comments

Check Also

Pembentukan Dokter Kecil/Kader Kesehatan Remaja di SMPN 13 OKU

Komline, OKU – Bertempat diruangan Laboratorium IPA Sekolah Menengah Pertama Negeri No.13 (SMPN 13) OKU, …