Home / Kesehatan & Wanita / 5 Amalan Sunnah bagi Perempuan di Hari Jumat

5 Amalan Sunnah bagi Perempuan di Hari Jumat

google.com, pub-5445025501323118, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Jumat merupakan hari yang dianggap mulia oleh orang Islam. Oleh karena itu, ada beberapa amalan yang utama dilakukan di hari ini.

Hari ini menjadi utama bukan tanpa alasan. Bahkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda:

Hari yang baik saat terbitnya matahari adalah Jumat. Hari tersebut adalah hari diciptakannya Adam, hari ketika Adam dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika Adam dikeluarkan dari surga. Hari kiamat tidaklah terjadi kecuali pada Jumat (HR Muslim).

Untuk hari yang lebih bermanfaat, berikut ini amalan apa saja yang utama dilakukan di hari Jumat untuk muslimah

      1.  Mandi di pagi hari

Jika selama ini Mama menghindari mandi di pagi hari, kini saatnya melakukan sesuatu yang beda. Seperti dalam hadis riwayat Ibnu Hibban dari Ibnu Umar yang berbunyi,

Barangsiapa yang mendatangi salat Jumat baik laki-laki maupun perempuan maka hendaklah mandi.

Meski tidak ada kewajiban salat jumat, namun perempuan juga boleh melakukan amalan sunah di hari ini.

Selain mandi, kamu juga disarankan untuk menggunting kuku dan memotong rambut sebelum melaksanakan ibadah Jumat.

     2. Membaca surat Al Kahfi

Seperti hadis yang diriwayatkan oleh Al Hakim yaitu,

Barangsiapa yang membaca Surat Al Kahfi pada hari Jumat maka akan ada cahaya yang menyinarinya di antara 2 Jumat.

Untuk Mama yang tidak bisa membaca 1 surat secara langsung, bisa juga membagi-baginya menjadi beberapa bagian. Hari Jumat sudah dihitung dari Kamis malam setelah Magrib. Jadi, setelah salat Isya sudah bisa mencicil membaca Surat Al Kahfi.

Kemudian dilanjutkan setelah salat Subuh dan Zuhur. Bisa juga mencicilnya saat ada waktu luang. Bisa kok!

     3. Memperbanyak membaca salawat Nabi

Jika ternyata membaca Al Quran terasa sulit, maka masih bisa melakukan amalan lain yang cukup mudah dan bisa dilakukan kapan saja yaitu bersalawat.

Dari Abi Umamah, Rasulullah SAW bersabda,

Perbanyaklah kalian membaca salawat kepadaku setiap hari Jumat. Barangsiapa yang paling banyak membaca salawat atasku, maka dia yang paling dekat kepadaku kedudukannya.

Mama bisa melafalkan salawat kapan saja baik saat sedang berkegiatan maupun saat sedang berdiam. Dengan begitu, kamu bisa mendulang pahala dengan lebih banyak di hari Jumat.

      4. Memperbanyak doa

Tahukah kamu, hari jumat merupakan hari di mana terdapat waktu untuk diijabah (terkabulnya) doa. Syekh Jalaluddin Al Mahalli berkata:

Dan sunah memperbanyak berdoa pada hari Jumat karena berharap bertepatan dengan waktu ijabah.

Banyak juga yang mengatakan bahwa waktu terbaik adalah setelah waktu Ashar. Namun alangkah baiknya untuk tetap rajin berdoa kapan saja.

Juga, jangan hanya berdoa terkabulnya keinginan di dunia saja, tapi juga doa untuk di akhirat seperti meminta ampunan dan memohon surga.

      5. Memperbanyak perbuatan baik

Dilansir dari laman nu.or.id disebutkan bahwa salah satu keutamaan lain di hari Jumat adalah dilipatgandakan pahala kebaikan 10 kali lebih banyak dibanding di hari lain.

Syekh Abu Bakr bin Syatha berkata:

Barangsiapa yang berbuat kebaikan pada hari Jumat maka akan dilipatgandakan 10 kali lipat dari hari yang lain, dan barangsiapa yang berbuat kejelekan maka juga demikian. Dan disamakan hari, yaitu malam, sebab tidak ada perbedaan sama sekali. (Syakh Abu Bakar bin Sayyid Muhammad Syatha Ad-Dimyati, Hasyiyah I’anah At-Thalibin, juz 2, Hal. 104, Dar Al Fikr)

Amalan ini bisa dilakukan siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan. Nah, jadi waktu yang tepat nih, Ma untuk berbuat kebaikan yang maksimal di hari ini.

Itulah beberapa amalan yang bisa dilakukan perempuan di hari Jumat. Yuk, lakukan dengan sepenuh hati!

Facebook Comments

Check Also

Ngeri! Angka Covid di Indonesia Tembus 1000, Satgas IDI Minta Siaga

google.com, pub-5445025501323118, DIRECT, f08c47fec0942fa0Indonesia kembali mencatat kenaikan kasus COVID-19 selama beberapa pekan terakhir. Peningkatan signifikan …