Peristiwa

Terkait Isu Mafia Alutsista, Bobby Adhityo Rizaldi Ungkapkan Komisi I DPR Telah Bentuk Panja

google.com, pub-5445025501323118, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Komline, Jakarta-Dunia pertahanan Indonesia dihebohkan dengan isu Mafia alutsista.

Pemerhati pertahanan Connie Rahakundini Bakrie mengungkap adanya sosok mafia alutsista yang ia sebut ‘Mister M’. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meminta Connie mengungkap sosok tersebut.

“Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sangat berterima kasih bila Bu Connie menyebutkan dan membuka saja siapa Mafia yang dia sebut berinisial Mister M, bila perlu laporkan tindakan yang bersangkutan ke KPK atau kepolisian,” ujar Juru Bicara Menteri Pertahanan RI Dahnil Anzar Simanjuntak dalam keterangannya, Senin (10/5).

Selain mengungkap sosok mafia alutsista, Connie meminta KPK menelisik tahapan CADMID Alutsista. KPK pun mempersilakan hal ini dilaporkan agar segera ditindaklanjuti.

“Silakan laporkan kepada KPK dengan data awal yang dimiliki melalui layanan saluran pengaduan KPK,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Selasa (11/5).

Komisi I DPR RI ternyata sudah membentuk panitia kerja (panja) yang fokus mendalami potret formasi alutsista Indonesia.

Anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi menilai isu mafia alutsista belum perlu dibahas di komisi tempatnya bernaung. Bobby menyebut Komisi I tidak akan membahas anggaran alutsista sampai satuan 3.

“(Isu mafia alutsista) belum (perlu dibahas). Di Komisi I kita membahas anggaran secara agregat, tidak masuk ke detail, karena berdasarkan keputusan MK 2014 tidak membahas sampai satuan 3,” kata Bobby, Selasa (11/5/2021).

Menurut Bobby, anggaran pengadaan alutsista Indonesia saat ini jauh dari ideal. Anggaran alutsista saat ini hanya 0,8% dari produk domestik bruto (PDB). Sementara idealnya, 1,5% dari PDB.

“Saat ini anggaran pertahanan masih jauh dari ideal, 1,5% PDB, sehingga lebih fokus ke arah pemenuhan anggaran berdasar kebutuhan postur prioritas,” ucap Bobby.

Kembali ke isu mafia alutsista. Bobby menilai Kementerian Pertahanan (Kemenhan) yang harus mengonfirmasi ke pihak yang mengungkapkan. Seperti diketahui, isu mafia alutsista diembuskan oleh pemerhati pertahanan, Connie Rahakundini Bakrie.

Lebih lanjut, Bobby mengungkapkan Komisi I DPR telah membentuk panja terkait alutsista.

“Ya baiknya pemerintah via Kemenhan yang mengkonfirmasi soal ini ke yang bersangkutan. Komisi I saat ini membentuk panja alutsista, yang akan fokus mendalami potret postur kesiapan formasi alutsista saat ini, dan renstra 2020-2024,” ungkap Ketua DPP Golkar itu.

Facebook Comments

Related Articles

Back to top button