Home / Peristiwa / Ancaman Karhutla di Sumsel, Siapkan Ribuan Personel Gabungan

Ancaman Karhutla di Sumsel, Siapkan Ribuan Personel Gabungan

Sumatera Selatan menyiapkan ribuan personel untuk mitigasi ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tahun 2022. Diperkirakan Sumsel memasuki puncak kemarau pada Agustus mendatang.

Gubernur Sumsel Herman Deru menekankan pentingnya seluruh personel satgas untuk mengedepankan mitigasi dibandingkan penindakan.

“Penting untuk tidak membiarkan api membesar. Jadi sebelum membesar, sedapat mungkin harus dipadamkan,” kata Herman Deru pada Apel Siaga Karhutla di Griya Agung, yang dilansir dari laman INews Sumsel pada Rabu (22/6/2022).

Apel Siaga ini dipimpin Gubernur Herman Deru dan dihadiri Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto dan sejumlah pejabat perwakilan kementerian/lembaga dan perusahaan Hutan Tanaman Industri dan perkebunan di Sumsel.

Sejauh ini, Pemprov sudah menyalurkan bantuan sarana dan prasarana penanganan karhutla ke 10 kabupaten yang terbilang rawan terhadap bencana dengan nilai nominal masing-masing Rp5 miliar.

“Dengan bantuan itu diharapkan satgas karhutla di tingkat kabupaten/kota dapat lebih optimal dalam bekerja,” katanya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Iriansyah mengatakan setelah penetapan status siaga karhutla pada 9 April-November 2022, Sumsel segera menyiapkan personel dan peralatan di 12 kabupaten/kota.

Untuk personel, Sumsel melibatkan TNI/Polri, KLHK, BPBD, Manggala Agni, Regu Pemadam Kebakaran (RPK) hingga masyarakat peduli api (MPA).

Sedangkan peralatan, di antaranya setidaknya empat unit helikopter patroli, empat unit helikopter pembom air, kendaraan operasional, kendaraan pemadam, mesin pompa hingga peralatan komunikasi.

“Untuk helikopter waterbombing, kami sudah mengajukan. Nanti akan didatangkan secara bertahap,” katanya.

Facebook Comments

Check Also

Tingkatkan Peduli Sesama, Sekda Palembang Ratu Dewa Hadiri Bakti Sosial bersama PGRI

Hasil swadaya kolektif dari anggota Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sumsel, ratusan Wali murid SMPN …