Home / Teknologi & Informasi / Begini Cara Registrasi, Apabila Kita Memiliki Lebih Dari 3 Kartu SIM.

Begini Cara Registrasi, Apabila Kita Memiliki Lebih Dari 3 Kartu SIM.

Komeringonline.com – Halo sahabat Komliner semua. Sejak Senin (31/10/17) kemarin, pelaksanaan registrasi kartu SIM prabayar menggunakan data kependudukan sudah mulai diberlakukan oleh pemerintah loh. Ternyata dalam sosialisasi nya pun banyak diramaikan dengan beredar nya berita Hoax alias bohong.

Namun sahabat semuanya, sebetulnya registrasi kartu SIM prabayar sendiri sangat mudah dilakukan, kita bisa menggunakan pesan singkat atau bisa juga melalui website masing-masing operator.

Untuk aturan mengenai Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi ini, sudah tertuang di dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 12 Tahun 2016 Pasal 11 ayat 1, yaitu, pelanggan prabayar hanya dapat melakukan registrasi sendiri paling banyak tiga nomor dari satu operator untuk setiap nomor induk kependudukan (NIK).

Artinya guys, kita hanya bisa melakukan registrasi 3 kartu SIM prabayar saja. Jadi, apabila di Indonesia terdapat 6 operator, ini berarti kita hanya bisa melakukan registrasi maksimal 18 kartu SIM prabayar.

Namun, ada saatnya karena ada kebutuhan khusus, terkadang kita harus memiliki lebih dari 3 kartu SIM, misalnya untuk urusan bisnis dan lain-lain. Nah, kartu SIM tersebut juga harus diregistrasikan jika kartu kita tidak ingin diblokir. Namun proses registrasi kartu SIM yang ke 4, ke 5, dan seterusnya ini tidak bisa serta merta kita lakukan secara mandiri, namun proses registrasinya pun harus dengan cara berbeda.

Kembali lagi ke Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 12 Tahun 2016 yang disebutkan di atas, pada Pasal 11 ayat 2, yaitu, nomor seluler yang digunakan untuk keperluan tertentu, seperti komunikasi M2M yang kebutuhannya melebihi tiga nomor, hanya dapat diregistrasi melalui gerai milik operator.

Demikianlah sahabat komliner, apabila kita memang menggunakan lebih dari tiga kartu SIM prabayar dari satu operator, maka kita wajib melakukan registrasi di gerai operator bersangkutan dengan membawa data-data kependudukan. (TA)

Facebook Comments

Check Also

GPPB : Sumatera Selatan Milik Rakyat Bukan Emporium Keluarga

Jakarta– Protes Elemen Pemuda dan Mahasiswa Sumsel soal Dugaan Nepotisme Gubernur Herman Deru Dapat Dukungan …

%d bloggers like this: