Home / Uncategorized / BEM SI Akan Gelar Unjuk Rasa Tolak Usulan Penundaan Pemilu dan Perpanjangan Masa Jabatan Presiden

BEM SI Akan Gelar Unjuk Rasa Tolak Usulan Penundaan Pemilu dan Perpanjangan Masa Jabatan Presiden

google.com, pub-5445025501323118, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Maraknya wacana usulan penundaan pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan presiden membuat Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) berencana menggelar unjuk rasa menolak usulan tersebut.

Menurut Kaharuddin HSN DM selaku Koordinator Pusat BEM SI yang dilansir dari laman CNNIndonesia.com  mengatakan bahwa mahasiswa perlu mengambil sikap mengawasi gerak-gerik pemerintah demi memastikan kedaulatan ada di tangan rakyat. Hanya saja untuk waktu dan lain nya masih didiskusikan oleh anggota aliansi BEM SI Rakyat Bangkit.

Kaharuddin menegaskan aliansi BEM Seluruh Indonesia menyatakan sikap dengan tegas menolak perpanjangan masa jabatan presiden. Menurut mereka, perpanjangan jabatan presiden melanggar konstitusi dan amanat Undang-Undang Dasar 1945.

Sebelumnya, BEM Universitas Indonesia telah menyatakan sikap resmi menolak wacana penundaan Pemilu 2024 melalui Instagramnya.

BEM UI menegaskan Presiden Joko Widodo akan menentang konstitusi dan bersikap di luar hukum bila berkeras memperpanjang masa jabatannya lebih dari 10 tahun atau 2 periode.

“Jika kemudian hari masa jabatan presiden betul-betul diperpanjang dan melebihi ketentuan konstitusi, yaitu 10 tahun, pemerintahan Presiden Jokowi jelas berada di luar hukum dan membangkangi konstitusi,” kata BEM UI dalam keterangan resminya dikutip Jumat (4/3).

Meski begitu, Ketua BEM UI, Bayu Satria Utomo menjelaskan belum ada rencana himpunan organsasinya itu akan mengikuti demonstrasi.

Bayu mengatakan saat ini pihaknya berusaha membangun gerakan di media sosial agar lebih banyak masyarakat yang mengetahui isu tersebut.

“Sampai saat ini belum ada rencana ke sana. Kami ingin coba bangun terlebih dahulu gerakan di sosial media agar lebih banyak masyarakat yang mengetahui akan isu tersebut,” ujar Bayu.

Bayu menuturkan BEM UI juga sudah melakukan koordinasi dan diskusi dengan pihak BEM SI. Namun, belum ada keputusan soal jadwal dan rencana demonstrasi.

“Koordinasi sudah, tapi masih sebatas diskusi saja,” tambahnya.

Facebook Comments

Check Also

Komite dan Serikat Mahasiswa Antikorupsi (KOSMIK) meminta Komisi Pemberantasan Korupsi tersangkakan Adhy Karyono yang diduga terlibat dalam kasus korupsi dana Bansos Covid-19

google.com, pub-5445025501323118, DIRECT, f08c47fec0942fa0Mereka melakukan aksi unjuk rasa depan Gedung Merah Putih KPK RI, Kuningan, …