Home / Seputar Daerah / Dana Otsus Papua di Bidang Pendidikan, Nadiem Minta Transparansi 

Dana Otsus Papua di Bidang Pendidikan, Nadiem Minta Transparansi 

Komline, Jakarta- Sepanjang 2020, Papua mendapat alokasi anggaran pendidikan Rp1,62 triliun dari total dana Otsus Papua sebesar Rp5,29 triliun. Sementara Papua Barat menerima sekitar Rp470 miliar dari total dana Otsus Papua Barat Rp1,7 triliun.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengatakan pihaknya tak pernah mendapat data penggunaan dana otonomi khusus (Otsus) Papua bidang pendidikan.

“Salah satu tantangan, kami tidak memiliki informasi tentang penggunaan dana otonomi khusus pendidikan ini,” kata Nadiem, Selasa (8/6).

Nadiem mengatakan transparansi penggunaan anggaran pendidikan dari tahun ke tahun sangat penting. Ia pun berharap dukungan dari berbagai pihak agar ke depan penggunaan dana otsus di bidang pendidikan ini bisa lebih transparan.

“Ini salah satu tantangan kami, dan memang ini suatu hal yang butuh dukungan berbagai pihak untuk meningkatkan transparansi penggunaannya,” ujarnya.

Selama ini, kata Nadiem, pihaknya hanya menerima laporan alokasi tentang anggaran pendidikan dari dana otsus yang digelontorkan ke dua provinsi paling timur di Indonesia itu.

Namun, tak pernah ada laporan terkait rincian dan detail penggunaan dana otsus bidang pendidikan tersebut.

“Jadi ini tantangan kami, bahwa anggaran yang digunakan pendidikan di otsus itu hanya laporan persentase tapi detailnya kami enggak ada,” katanya.

Facebook Comments

Check Also

Nakes Darurat Covid-19 di Kudus, Personel TNI Diterjunkan

Komline, Jakarta- Tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah yang terinfeksi Covid-19 bertambah menjadi 196 …

%d bloggers like this: