Home / Berita Tokoh / Dear KPK dan MKD DPR RI, Ada Salam dari PB Pemuda Muslimin Indonesia

Dear KPK dan MKD DPR RI, Ada Salam dari PB Pemuda Muslimin Indonesia

Komline,Jakarta-Nama Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin disebut oleh Ketua KPK, Firli Bahuri dalam kasus suap penyidik KPK, Stepanus Robin Pettuju dengan Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial.

Firli menyebut, Azis mempertemukan Stepanus dengan Syahrial di rumah dinasnya dan meminta Stepanus untuk membantu Syahrial agar dugaan korupsi di pemerintahan Kota Tanjungbalai tidak ditindaklanjuti oleh KPK.

Merespons hal itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PB Pemuda Muslimin Indonesia (Pemuda Muslim), Evick Budianto menilai tindakan Azis tersebut sangat memalukan dan mencoreng wajah penegakan hukum di Indonesia.

“Sangat memalukan. Dia (red: Azis) sebagai pimpinan telah menjatuhkan marwah DPR serendah-rendahnya dan telah mencoreng malu wajah penegekan hukum di tanah air. Kok bisa-bisanya pejabat publik berlagak seperti makelar kasus,” ujar Evick dalam keterangannya, Jumat (23/4).

Evick meminta KPK segera mendalami secara serius dan mengusut tuntas keterlibatan Azis dalam kasus tersebut. Ia juga meminta Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI segera memeriksa politikus Golkar tesebut.

“Apalagi yang mengumumkan soal nama Pak Azis ini kan Ketua KPK langsung, jadi tentu ini menjadi tanggung jawab dan pertaruhan harga diri Pak Firli dan lembaga KPK. Publik akan terus menginggat itu,” tegas Evick.

“MKD sebagai alat kelengkapan dewan yang menurut saya salah satu fungsinya menjaga harkat-martabat dan kehormatan lembaga yang terhormat DPR, juga tidak boleh tinggal diam dan harus segera turun tangan,” tandasnya.

Untuk diketahui sebelumnya, Wali Kota Tanjungbalai, M Syahrial (MS) dan penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju (SRP) ditetapkan tersangka oleh KPK. Keduanya dikenalkan oleh Wakil Ketua DPR, Azis Syamsuddin (AZ).

Hal itu diungkap oleh Ketua KPK Firli Bahuri dalam kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji oleh penyelenggara negara perkara Wali Kota Tangjungbalai. Firli menyebut pertemuan ketiga nama itu terjadi pada Oktober tahun lalu.

“Pada Oktober 2020 SRP melakukan pertemuan dengan MS di rumah dinas AZ, Wakil Ketua DPR di Jakarta Selatan,” kata Firli di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis (22/4).

Saat itu, Azis Syamsuddin memperkenalkan M Syahrial kepada Stepanus Robin Pattuju. Azis meminta Stepanus membantu M Syahrial.

“Dalam pertemuan tersebut AZ memperkenalkan SRP dengan MS terkait penyelidikan dugaan korupsi di pemerintahan Kota Tanjungbalai yang sedang dilakukan KPK agar tidak naik ke tahap penyidikan dan meminta agar SRP dapat membantu supaya permasalahan penyelidikan tersebut tidak ditindaklanjuti oleh KPK,” tutur Firli.

Facebook Comments

Check Also

Pilkades Serentak di Tangerang Hari Ini, Kemendagri Lakukan Pemantauan

Komline, Jakarta- Setelah tiga kali ditunda, akhirnya pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Tangerang dilaksanakan dengan menerapkan …

%d bloggers like this: