Home / Seputar Daerah / Diterima Langsung Oleh Bupati PALI, PT. EPI Hibahkan Lahan untuk SD dan SMP

Diterima Langsung Oleh Bupati PALI, PT. EPI Hibahkan Lahan untuk SD dan SMP

Komline, Jakarta- Meskipun operasional PT Energate Prima Indonesia (EPI) yang mempunyai dermaga khusus batubara di wilayah Desa Prambatan, kecamatan Abab kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), provinsi Sumatera Selatan, belum berjalan, tetapi kepedulian perusahaan itu terhadap masyarakat sekitar cukup tinggi.

Terbukti pada Selasa (7/9/21) lalu perusahaan itu menyerahkan lahan seluas 10.438 m2 kepada pemerintah kabupaten PALI untuk keperluan dunia pendidikan.

Lahan itu berada di Talang Betung, Desa Prambatan, dimana saat ini anak-anak usia sekolah di Talang Betung, dalam menimba ilmunya harus bersekolah di kabupaten Banyuasin bahkan harus menyeberang sungai Musi karena di wilayah tersebut belum ada fasilitas pendidikan.

Dalam penyerahan hibah lahan itu dilakukan di kantor pusat PT EPI di Jakarta yang diserahkan langsung Dirut PT EPI Abraham Busro SH dan yang menerima Bupati PALI H. Heri Amelindo.

“Adapun tanah hibah lahan tersebut merupakan bagian dari program CSR PT EPI diperuntukkan bangunan SD dan SMP. Lokasi lahan tersebut berada diperbatasan tiga Kabupaten yaitu Kabupaten PALI, Muara Enim dan Kabupaten Banyuasin,” jelas management PT EPI melalui GM Puput Utomo yang diwakili oleh Manager Hauling & External Rutdin Sijabat, Minggu (12/9/2021).

Ditambahkan Jabat, sapaan akrab Manager Hauling & External PT EPI bahwa managemen PT.EPI sangat mendukung program pemerintah kabupaten PALI untuk meningkatkan mutu pendidikan dan menjangkau pembangunan sekolah di daerah terpencil, agar kabupaten PALI lebih maju dan sejahtera.

“Walaupun kondisi PT.EPI saat ini sementara stop operasional, namun PT EPI tetap berupaya mendukung program pemerintahan agar lebih maju lagi. Dan pada tanggal 1september 2021 lalu telah dilaksanakan peninjauan serta sosialisasi bersama kepada masyarakat setempat. Yang ikut serta pada peninjauan itu dari dinas terkait antara lain, Dinas Pendidikan, Kecamatan, Bappeda dan Kepala Desa Prambatan. Kami berharap seluruh elemen mendukung dan membantu mensukseskan pembangunan gedung sekolah tersebut,” harap Jabat.

Sementara itu, Kades Prambatan Armansol menyampaikan apresiasinya terhadap kepedulian PT EPI terhadap dunia pendidikan di kabupaten PALI khususnya di desanya.

“Kami mewakili masyarakat sangat berterima kasih atas kepedulian PT EPI dan pemerintah. Talang Betung dihuni sekitar 25 KK dan jarak Talang Betung ke pusat Desa Prambatan cukup jauh, jadi selama ini anak-anak sekolah ke desa tetangga wilayah kabupaten Banyuasin dengan menyeberang sungai Musi. Tapi dengan adanya hibah lahan dari PT EPI sebentar lagi anak-anak tidak susah payah lagi bersekolah jauh,” kata Kades.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Pendidikan kabupaten PALI Kamriadi menyatakan bahwa setelah Pemerintah kabupaten PALI menerima hibah lahan dari PT EPI, pihaknya langsung bergerak melakukan pembangunan gedung sekolah satu atap.

“Insyaallah awal Januari tahun depan gedung sekolah baru diatas lahan hibah dari PT EPI bisa difungsikan. Tahap awal kami bangun tiga lokal diperuntukkan PAUD, SD dan SMP,” ujar Kamriadi.

Facebook Comments

Check Also

Jelang Pemilihan Ketua Umum DPP IMM, Aliansi Eks Presma BEM PTM Dukung Penuh MHP

  Kendari – Menjelang agenda pemilihan ketua umum dan formatur pada Muktamar Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah …

%d bloggers like this: