Home / Peristiwa / Duga Merusak Hutan dan Merampas Lahan Warga, Mahasiswa Jatim Desak Pemerintah Cabut Izin HGU Best Agro International

Duga Merusak Hutan dan Merampas Lahan Warga, Mahasiswa Jatim Desak Pemerintah Cabut Izin HGU Best Agro International

Komline, Jakarta- Sejumlah mahasiswa dan pemuda menggelar aksi unjuk rasa depan gedung kantor pusat Best Agro International, Jl. Gatot Subroto, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis sore, (10/06). Mereka terlihat membawa poster bertuliskan tangan dengan tulisan “Pemerintah Cabut Izin HGU Best Agro International”.

Dalam orasinya, koordinator lapangan Perkumpulan Mahasiswa Jawa Timur (PERMAS-JATIM) menyebut bahwa perusahaan sawit tersebut selama ini diduga banyak melakukan perusakan hutan dan merampas lahan warga.

“Aksi kami di sini agar semua tahu bahwa Best Agro International melalui anak perusahaannya diduga membakar hutan berkali-kali untuk eksplorasi lahan sawitnya bahkan sampai saat ini terus berkonflik dengan masyarakat sekitar di Kalteng karena persoalan perebutan lahan,” tegas sang orator, Imamul Khair.

Lebih lanjut, Imam menyayangkan sikap pemerintah yang tidak terhadap perushaan yang diduga telah melanggar hukum tersebut.

“Pemerintah seakan membiarkan masalah ini, tak ada tindakan tegas padahal masyarakat banyak merasa dirugikan karena diduga dirampas lahannya dan perusahaan ini juga diduga merusak hutan. Masyarakat melakukan perlawanan namun berakhir dengan penjara bahkan berujung kematian. Ini sudah ada indikasi masuk katagori pelanggaran berat yaitu HAM,” ungkapnya.

Imam menegaskan bahwa dengan track record jelek perusahaan ini maka pemerintah harus mencabut izin HGU-nya.

“Dengan segala track recordnya yang jelek itu pemerintah tidak boleh main mata dengan perusahaan sawit ini, jangan biarkan pemiliknya menikmati kekayaan yang dirampas dari masyarakat sekitar lahan sawit di Kalteng sana,” tegasnya.

“Rakyat sudah tahu bahwa pemilik perusahaan sawit ini kaya raya dan disebut sebagai Crazy Rich Surabaya. Harta yang melimpah itu ternyata diduga didapatkan dengan cara membakar hutan dan merampas lahan warga. Miris. Dan kami pastikan akan terus melakukan unjuk rasa sampai pemerintah benar-benar mensanksi tegas bahkan mencabut izin HGU Best Agro International di Kalteng,” pungkas Imam.

Facebook Comments

Check Also

Dugaan Korupsi Tahun Jamak Ogan Ilir, AMPD Aksi Depan Kejaksaan Agung Serta Laporkan Mawardi Yahya

Komline, Jakarta- Aksi unjuk rasa kembali terjadi di depan gedung Kejaksaan Agung RI, Jl. Sultan …

%d bloggers like this: