Home / Kesehatan & Wanita / Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Berikut Bahan Kimia Berbahaya yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Berikut Bahan Kimia Berbahaya yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

google.com, pub-5445025501323118, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Hari Tanpa Tembakau Sedunia yang diperingati setiap tanggal 31 Mei 2022 menjadi momen tepat untuk mengampanyekan bahaya merokok.

Mengutip Health.Gov yang dilansir dari laman Suara, terdapat beragam bahan kimia berbahaya yang bisa masuk ke tubuh manusia karena merokok. Nikotin misalnya, sangat adiktif yang bisa mengubah struktur otak saat menerima dopamin.

Ada juga tar, yang merupakan zat karsinogenik alias dapat menyebabkan kanker. Untuk itu, kenali ragam bahan kimia berbahaya lainnya yang bisa masuk saat merokok.

Ketergantungan akan nikotin sangat beresiko bagi kesehatan, mulai dari mempersempit pembuluh darah, arteri, merusak hati, serta memperlambat darah dan mengurangi oksigen pada kaki dan juga tangan.

Karbon Monoksida

Bahan kimia ini tentu membuat jantung seseorang kehilangan oksigen yang dibutuhkan untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Seiring waktu, saluran udara dapat membengkak bila kecanduan nikotin. Bahkan, udara akan masuk lebih sedikit ke paru-paru.

Tar

Bahan kimia rokok seperti tar, merupakan zat lengket yang melapisi paru-paru. Tentunya, tar dapat mengganggu kesehatan tubuh seseorang, mulai dari penyakit gusi, gangguan kesuburan, kemandulan, kanker mulut, hingga penyakit jantung.

Bahan kimia rokok yang satu ini dapat melumpuhkan serta membunuh sel-sel rambut. Zat beracun ini sangat berbahaya bagi sistem saraf pusat, kardiovaskular, pernapasan, hingga ginjal.

Tiny Particles

Partikel yang ada di dalam rokok tersebut, dapat membuat seseorang menyebabkan iritasi tenggorokan serta paru-paru. Pada akhirnya, ini menyebabkan produksi banyak lendir, sehingga merusak jaringan paru-paru.

Amonia dan Formaldehida

Kedua bahan kimia berbahaya yang satu ini, dapat menyebabkan seseorang mengalami iritasi mata, hidung, serta tenggorokan jika kecanduan mengonsumsi rokok.

Facebook Comments

Check Also

5 Manfaat Luar Biasa Tape Singkong bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Bisa Cegah Anemia

google.com, pub-5445025501323118, DIRECT, f08c47fec0942fa0Tape singkong merupakan satu di antara makanan tradisional Indonesia. Sesuai namanya, makanan …