Home / Teknologi & Informasi / iPhone 8 Uji Daya Tahan Benturan
Ilustrasi iphone (doc/net)

iPhone 8 Uji Daya Tahan Benturan

Komeringonline.com – Jika dilihat dengan sekilas, tidak banyak perbedaan yang diusung oleh iPhone 8 dari segi desain, jika dibandingkan dengan iPhone 7 atau iPhone 6. Namun iPhone 8 mengusung panel bagian belakang berbeda jika dibandingkan dua pendahulunya.

Smartphone yang resmi diluncurkan Apple pada tahun ini tersebut tidak lagi menggunakan bahan alumunium, dan menggunakan panel kaca. Penggunaan panel tersebut memungkinkan ponsel cerdas Apple ini dibekali dengan fitur pengisian daya nirkabel barunya.

Namun, bekal panel belakang berbahan kaca juga berarti dua permukaan kaca tersebut retak bahkan pecah saat terjatuh. Bahan serupa yang digunakan oleh Samsung Galaxy S8 dan LG G6 pun tidak luput dari kerusakan tersebut saat menjalani uji benturan akibat terjatuh.

CNET kembali melakukan pengujian yang dilakukannya kepada smartphone unggulan Samsung dan LG tersebut pada iPhone 8. Saat diuji dengan dijatuhkan pada ketinggian sekitar satu meter atau ketinggian saku, titik pertama yang terbentur dari iPhone 8 adalah bingkai metalnya, kemudian mendarat dengan sisi belakang.

Sebagai dampaknya, iPhone 8 mengalami kerusakan kecil, tetapi layar tetap dapat berfungsi, sementara bingkai metal pada sisi yang terbentur sedikit bengkok, dan terdapat dua patahan pada sudut kaca di bagian berlawanan. Pada uji dengan ketinggian 1,5 meter, ponsel terbentur pertama kali di sudut sebelum kemudian mendarat di bagian belakangnya.

Bagian layar perangkat mengalami kerusakan yang cukup parah, meski ponsel masih dapat berfungsi dengan baik. Sayangnya kaca pada bagian layar yang retak sedikit terkelupas, meski kaca di bagian belakang tidak mengalami kerusakan berarti.

Pada pengujian dengan ketinggian 15 meter, kaca perangkat mengalami keretakan cukup parah, seperti perangkat lain yang jatuh dari ketinggian tersebut. iPhone 8 pertama kali mendarat dengan bagian belakangnya, menyebabkan lensa kamera turut mengalami keretakan.

Kaca turut terlepas dan terkelupas dari ponsel, menampilkan sebagian dari komponen iPhone, sedangkan bagian layar terus retak. Masih terpasang, namun keretakan parah yang dialami oleh layarnya menyebabkan pengguna tidak dapat membaca tulisan yang ditampilkannya.

Berdasarkan hasil pengujian, iPhone 8 memiliki daya tahan yang lebih kuat pada panel bagian belakang jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy S8 yang retak pada pengujian pertama. Kaca ketiga perangkat tersebut mungkin cukup tangguh, tapi tidak ada dari ketiga perangkat tersebut yang tetap mengalami keretakan dan diklaim tidak sepenuhnya bebas dari peluang keretakan.

Facebook Comments

Check Also

Dear KPK dan MKD DPR RI, Ada Salam dari PB Pemuda Muslimin Indonesia

Komline,Jakarta-Nama Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin disebut oleh Ketua KPK, Firli Bahuri dalam kasus …

%d bloggers like this: