Home / Ekonomi / Jelang Pengumuman Hasil Rapat Bank Sentral AS, Rupiah Semakin Melemah

Jelang Pengumuman Hasil Rapat Bank Sentral AS, Rupiah Semakin Melemah

Jakarta- Dalam transaksi antar bank di Jakarta pada Rabu sore ini ditutup, nilai tukar (kurs) rupiah melemah menjelang pengumuman hasil rapat sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve.

Rupiah sore ini ditutup melemah 9 poin atau 0,07 persen ke posisi Rp. 14.334 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp. 14.325 per dolar AS.

Dilansir dari antaranews.com, analis DC Future Lukman Leong saat dihubungi di Jakarta, Rabu, (15/12) menyatakan “Pergerakan rupiah memang masih lebih didominasi oleh faktor eksternal oleh kekhawatiran inflasi yang tinggi yang memicu ekspektasi besar pada kenaikan suku bunga menjelang hasil pertemuan Bank Sentral AS The Fed pada Kamis (16/12/2021).

Sentimen terhadap adanya surplus neraca perdagangan di ranah domestik pada November mencapai 3,5 miliar dolar AS, lebih rendah dari perkiraan pasar 4,5 miliar dolar AS. Hal itu disebabkan oleh penurunan harga komoditas terutama batu bara.

Sedangkan menurut Lukman, terkait dengan virus Omicron, masih belum mereda meskipun pelaku pasar saat ini tengah fokus pada hasil pertemyan The Fed.

“Pertemuan central bank yang terakhir untuk tahun ini menjadi sangat penting di rengah harapan pasar pada The Fed untuk bisa memberikan kepastian itu. Isu Omicron masih akan kembali setelah itu” Ujar Lukman

Rupiah pada pagi hari dibuka melemah ke posisi Rp. 14.332 per dolar AS. Sepanjang hari rupiah bergerak di kisaran Rp. 14.323 per dolar AS hingga Rp. 14.342 per dolar AS.

Sementara itu, kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Rabu, ditutup menguat ke posisi Rp. 14.337 per dolar AS dibandingkan posisi hari sebelumnya Rp. 14.348 per dolar AS

Facebook Comments

Check Also

Salut !!! Aksi Gila Cuma 5 Orang Anggota Gemapela Geruduk BPK Perwakilan Sumsel Untuk Periksa APBD Kabupaten Lahat Yang Di Peruntukan Penanggulangan Covid-19

Komline, Palembang-Mengenai Aksi demonstrasi Gemapela kemarin menjadi sorotan publik lantaran massa cuma berjumlah 5 orang …

%d bloggers like this: