Home / Ekonomi / Kartu Prakerja Gelombang 39 Sudah Dibuka, Berikut Cara Daftarnya

Kartu Prakerja Gelombang 39 Sudah Dibuka, Berikut Cara Daftarnya

google.com, pub-5445025501323118, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Pendaftaran Gelombang 39 Program Kartu Prakerja telah dibuka sejak kemarin, Ahad, 31 Agustus 2022 siang pukul 12.00 WIB. Pembukaan pendaftaran ini diumumkan melalui akun instagram resmi @prakerja.go.id.

Bagi masyarakat yang sudah mendaftar program ini melalui laman dashboard.prakerja.go.id/daftar, maka bisa langsung mengklik tulisan ‘Gabung Gelombang’ pada dashboard Kartu Prakerja.

“Untuk yang belum daftar, segera daftar sekarang untuk bisa gabung di gelombang 39 ini,” demikian tulisan di akuni instagram @prakerja.go.id dikutip Senin, 1 Agustus 2022.

Dilansir dari laman Tempo, untuk bisa mendaftar, manajemen pelaksana menetapkan 6 persyaratan, yaitu Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18 tahun ke atas, tidak sedang menempuh pendidikan formal, hingga bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi Covid-19.

Selain itu, disyaratkan adalah orang yang sedang mencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena PHK, atau mereka yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja atau buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Syarat selanjutnya, pendaftar bukanlah Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD. Terakhir, maksimal 2 Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam 1 Kartu Keluarga (KK) yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Untuk bisa mendaftar, masyarakat bisa membuka laman dashboard.prakerja.go.id/daftar, masukkan nama lengkap, email dan kata sandi. Lalu tinggal klik ‘Daftar’ dan lakukan verifikasi dengan membuka notifikasi pada email.

Jika sudah terverifikasi, login menggunakan alamat email dan password yang telah didaftarkan pada laman dashboard.prakerja.go.id. Selanjutnya, masuk ke dashboard, dan verifikasi KTP dan KK sambil melengkapi data diri dan unggah foto KTP dan swafoto pendaftar.

Setelah itu, verifikasi nomor telepon, lalu klik ‘Kirim’, Isi deklarasi survei, dan rerakhir, ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar untuk bisa mengikuti seleksi gelombang dan tunggu pengumuman hasilnya.

Direktur Eksekutif Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari sebelumnya juga telah mengatakan, ke depan, Program Kartu Prakerja ingin lebih memfasilitasi pelatihan offline dan bauran, pelatihan non-APBN dan penambahan fitur-fitur yang bermanfaat bagi penerima.

“Kami belajar bahwa efektivitas Program Kartu Prakerja berasal dari mandat yang kuat dari Presiden, kebijakan dan implementasi program yang prima, pelaksanaan program yang berbasis data, lincah dan terus memperbaiki diri, penggunaan informasi teknologi dan kemitraan multi-pihak,” kata Denni dikutip dari siaran pers.

 

Facebook Comments

Check Also

Ikhtiar Pemulihkan Ekonomi Nasional, Lembaga Keuangan dan Perbankan PB PMII Gelar Diskusi Publik bersama UMKM

google.com, pub-5445025501323118, DIRECT, f08c47fec0942fa0Lembaga Keuangan dan Perbankan PB PMII mengadakan Diskusi Publik Dengan Tama Startegi …