Home / Uncategorized / Kasus Korupsi PT SMS, KPK Diminta Periksa Gubernur Sumsel Herman Deru

Kasus Korupsi PT SMS, KPK Diminta Periksa Gubernur Sumsel Herman Deru

google.com, pub-5445025501323118, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Jakarta – Sejumlah pemuda mengatasnamakan Forum Mahasiswa Sumatera Selatan (FORMASA) melakukan aksi demonstrasi di depan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI), pada Jumat (9/9/2022).

Mereka meminta KPK mengusut tuntas dugaan korupsi penyalahgunaan kewenangan kerja sama pengangkutan batu bara BUMD Sumatera Selatan PT Sriwijaya Mandiri Sumsel (SMS).

“Kami minta KPK turun ke Sumsel, usut tuntas dugaan korupsi yang terjadi di tubuh BUMD Sumsel. Penyalahgunaan wewenang kerja sama untuk pengangkutan batu bara sangat menciderai nama baik masyarakat Sumatera Selatan,” kata Imam dalam orasinya yang juga koordinator aksi.

Imam juga meminta KPK tidak tebang pilih dalam mengusut dugaan korupsi di Sumsel, apalagi ketua KPK saat ini berasal dari Sumsel.

“KPK jangan tebang pilih mengusut tuntas dugan korupsi di Sumsel. BUMD Sumsel harusnya menjadi kebanggaan masyarakat, malah terjadi dugaan bancakan korupsi. Kami minta ketua KPK, Firli Bahuri yang juga putra terbaik Sumsel untuk mengusut tuntas tanpa pandang bulu,” tegas Imam.

Selanjutnya, Imam menyinggung soal penanggung jawab dalam kasus korupsi di BUMD Sumsel. Menurutnya, Gubernur Sumatera Selatan yang paling bertanggung jawab atas permasalahan di tubuh BUMD Sumsel karena ketika RUPS pasti dibahas soal kerja sama tersebut.

“Yang paling bertanggung jawab BUMD itu adalah Pemprov Sumsel. Yaitu Gubernur Sumsel, Herman Deru. Ketika RUPS pasti dibahas soal kerja sama itu, karena itu Gubernur pasti tau soal kerja sama itu,” ujar Imam

Imam juga menduga ada aliran dana ke Gubernur Sumsel, Herman Deru, terkait kasus penyalahgunaan kewenangan pada BUMD Sumsel tersebut.

“Diduga ada aliran yang masuk kepada Gubernur Sumsel, Herman Deru. Maka dari itu kami minta dengan tegas untuk KPK segera periksa juga Gubernur Sumsel, Herman Deru,” pungkas Imam

Facebook Comments

Check Also

Komite dan Serikat Mahasiswa Antikorupsi (KOSMIK) meminta Komisi Pemberantasan Korupsi tersangkakan Adhy Karyono yang diduga terlibat dalam kasus korupsi dana Bansos Covid-19

google.com, pub-5445025501323118, DIRECT, f08c47fec0942fa0Mereka melakukan aksi unjuk rasa depan Gedung Merah Putih KPK RI, Kuningan, …