Home / Peristiwa / Nadiem Tegaskan Durasi Sekolah Tatap Muka Mengacu Pada SK Bersama 4 Menteri

Nadiem Tegaskan Durasi Sekolah Tatap Muka Mengacu Pada SK Bersama 4 Menteri

Komline, Jakarta- Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim mengatakan durasi pembelajaran tatap muka di sekolah mengacu pada Surat Keputusan Bersama 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.

Mengacu pada panduan yang ditetapkan Kemendikbudristek, diatur jumlah maksimal siswa maksimal 18 orang per kelas untuk jenjang SD-SMA dan 5 siswa per kelas untuk sekolah luar biasa dan PAUD.

Sementara jumlah hari dan jam belajar di sekolah ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mengutamakan kesehatan dan keselamatan warga sekolah.

“Sekolah yang sudah atau dalam proses melakukan PTM terbatas dengan durasi belajar dan jumlah murid berbeda tetap diperbolehkan selama mengikuti protokol kesehatan dan di bawah batas maksimal yang tercantum dalam SKB 4 Menteri,” kata Nadiem melalui keterangan resmi Kemendikbudristek, Rabu (9/6).

Nadiem menyebut tak ada perubahan dalam aturan SKB 4 Menteri. Ia menjelaskan pernyataan Jokowi beberapa waktu lalu hanya menekankan bahwa belajar tatap muka di sekolah dilakukan dengan sangat terbatas di tengah pandemi.

“Apa yang bapak presiden sampaikan pada Senin lalu benar bahwa pembelajaran yang kita upayakan bersama adalah tatap muka terbatas. Sekali lagi, terbatas” ujarnya.

Nadiem sendiri mengaku kerap mendengar langsung keluhan guru, orang tua dan siswa terkait pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dalam hal ini, ia mengatakan Jokowi hanya menyampaikan kepedulian terkait keluhan tersebut.

Beliau menyampaikan, kita harus memiliki keberanian untuk mendorong PTM terbatas yang tentu saja disertai penerapan protokol kesehatan yang ketat,” tambahnya.

Facebook Comments

Check Also

Kasus Dugaan Korupsi Masjid Sriwijaya, Pengamat Mengecam Jika Ada Pihak yang Menunggangi

Komline, Jakarta- Kasus dugaan korupsi Masjid Sriwijaya masih terus bergulir. Sementara pihak kejaksaan sendiri telah …

%d bloggers like this: