Home / Peristiwa / Pendampingan Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19 oleh Mahasiswa KKN Tematik UPI 2021

Pendampingan Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19 oleh Mahasiswa KKN Tematik UPI 2021

Komline, Jakarta- Ditengah pandemi covid-19, mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia melaksanakan kegiatan KKN Tematik secara daring. KKN Tematik dengan nama “ Kuliah Kerja Nyata Tematik Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM pada Masa Pandemi (KKN Tematik MDBPE-MBKM). Dimana KKN ini berfokus pada dua bidang yaitu bidang pendidikan dan ekonomi. Selain itu, KKN tematik secara daring yang dilaksanakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia bertujuan untuk mendukung penanggulangan dampak covid-19.

Dalam pelaksanaannya, setiap mahasiswa melaksanakan KKN tematik di daerah tempat tinggalnya masing-masing. Rani Vidyawanti Octaviani yang merupakan salah satu mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Kampus di Serang melaksanakan kegiatan KKN tematik dengan mengambil tema “Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan” yang merupakan satu dari tiga tema yang ada.

Salah satu dari program membangun desa melalui bidang Pendidikan adalah pendampingan pembelajaran daring siswa untuk semua mata pelajaran di PAUD/TK, SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA dan SMK.

Dalam pelaksanaan kegiatan pendampingan pembelajaran daring bekerja sama dengan sekolah yang ada di daerah tempat tinggal. Pendampingan pembelajaran daring ini dilakukan terhadap siswa sekolah dasar. Tujuan dari adanya kegiatan pendampingan pembelajaran daring adalah untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar dan juga membantu siswa mengerjakan tugas dari guru. Karena sejak diberlakukannya kebijakan pembelajaran daring, tidak sedikit siswa sekolah dasar yang mengalami kesulitan belajar.

Pada saat pendampingan pembelajaran banyak siswa yang mengatakan bahwa mereka kesulitan dalam memahami materi pelajaran, terutama dalam mata pelajaran matematika. Untuk membantu siswa dalam memahami materi pada pelajaran matematika maka digunakan media pembelajaran berupa PowerPoint. Karena dengan menggunakan media pembelajaran siswa akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Pendampingan pembelajaran ini,. Dilakukan hampir setiap hari.

Dengan adanya pendampingan pembelajaran daring yang dilakukan oleh mahasiswa KKN tematik UPI, diharapkan dapat membantu siwa yang mengalami kesulitan belajar selama diberlakukannya kebijakan pembelajaran daring di tengah pandemi covid-19.

-Rani-

Facebook Comments

Check Also

Kinerja Positif Bupati Dodi Reza Selalu Jadi Sorotan Media, Anugerah Humas Indonesia Nobatkan Bupati Dodi Reza Sebagai Kepala Daerah Terpopuler di Media Digital

Komline, Jakarta- Nyata dan konkrit, kesan itulah yang tampak dari kinerja Bupati Dr Dodi Reza …

%d bloggers like this: