Home / Peristiwa / Simak! Begini Prediksi Cuaca BMKG di Malam Tahun Baru 2022
Kepala Bidang Informasi Meteorologi Publik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) A Fachri Radjab menjelaskan kondisi cuaca saat ini dan prediksinya selama sepekan, Senin (4/1), di Kantor BMKG, Jakarta. Potensi hujan di Jawa saat ini hanya intensitas ringan-sedang, tetapi berpotensi terus meningkat menjadi sedang-lebat, terutama di akhir pekan ini. Kompas/Johanes Galuh Bimantara (JOG) 04-01-2016

Simak! Begini Prediksi Cuaca BMKG di Malam Tahun Baru 2022

google.com, pub-5445025501323118, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Menjelang akhir tahun, penting untuk mengetahui prediksi cuaca saat perayaan tahun baru 2022 mendatang. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis prediksi perkiraan cuaca di Indonesia mulai tanggal 28 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Sejumlah wilayah, seperti kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) diprediksi akan berlangsung cerah hingga hujan ringan. Perkiraan cuaca tersebut berlangsung selama 24 jam terhitung mulai pukul 07.00 WIB di Jumat (31/12/2021) sampai 07.00 WIB di Sabtu (1/1/2022) saat tahun baru tiba.

Prediksi Cuaca Malam Tahun Baru BMKG

Sejumlah wilayah di Indonesia diprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas yang ringan sampai lebat. BMKG mengatakan bahwa hampir seluruh wilayah akan mengalami cuaca hujan dengan intensitas yang berbeda-beda. Berikut prediksi cuaca secara detailnya:

1. Prediksi Cuaca 30 Desember 2021

  • Pulau Sumatera: Diprediksi secara umum akan mengalami cuaca hujan dengan intensitas ringan sampai lebat.
  • Pulau Jawa: BMKG prediksi cuaca di Jabodetabek dan wilayah Jawa lainnya akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.
  • Pulau Kalimantan: Prediksi cuaca menjelang akhir tahun di wilayah Kalimantan secara umum akan cerah berawan sampai dengan hujan ringan. Sebagian wilayah Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara diprediksi akan turun curah hujan ringan hingga sedang.
  • Pulau Sulawesi: Prediksi cuaca di daerah Sulawesi secara umum diperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas sedang sampai lebat.
  • Bali, NTB dan NTT: BMKG prediksi cuaca di Bali, NTB dan NTT pada tanggal 30 Desember 2021 akan diterpa hujan ringan hingga sedang.
  • Maluku dan Papua: Secara umum, BMKG prediksi Maluku dan Papua akan terjadi hujan sedang hingga lebat.

2. Prediksi Cuaca 31 Desember 2021

  • Pulau Sumatera: Malam akhir tahun 2021 di wilayah Sumatera secara umum diprediksi oleh BMKG akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat
  • Pulau Jawa: Secara umum BMKG memperkirakan cuaca di Jawa akan diguyur hujan ringan hingga sedang. Sebagian wilayah seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur berpotensi akan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.
  • Pulau Kalimantan: Perkiraan cuaca di Kalimantan secara umum akan berpotensi hujan ringan hingga hujan sedang. Sebagian wilayah Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara diprediksi akan turun curah hujan sedang hingga lebat.
  • Pulau Sulawesi: BMKG memprediksi perkiraan cuaca di Sulawesi secara umum akan berpotensi hujan sedang hingga lebat.
  • Bali, NTB dan NTT: Ketiganya diprediksi secara umum akan memiliki cuaca hujan ringan hingga sedang. Namun di sebagian wilayah Bali dan NTB akan berpotensi hujan sedang hingga lebat.
  • Maluku dan Papua: BMKG memperkirakan wilayah Maluku dan Papua akan diguyur hujan sedang sampai dengan intensitas lebat.

3. Prediksi Cuaca 1 Januari 2022

  • Pulau Sumatera: Prediksi cuaca tahun baru 2022 di Sumatera secara umum diperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.
  • Pulau Jawa: Kondisi cuaca di Jawa diperkirakan akan turun hujan ringan hingga sedang. Sementara sebagian wilayah seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta akan berpotensi diguyur hujan sedang hingga lebat.
  • Pulau Kalimantan: BMKG prediksi cuaca di Kalimantan pada tahun baru akan mengalami hujan sedang hingga lebat.
  • Pulau Sulawesi: Wilayah Sulawesi secara umum diprediksi akan terjadi hujan dengan curah yang sedang hingga lebat.
  • Bali, NTB dan NTT: Prediksi cuaca tahun baru 2022 di tiga wilayah ini diperkirakan akan cerah berawan hingga hujan ringan. Sebagian wilayah di NTB dan NTT akan berpotensi bercuaca hujan ringan hingga sedang.
  • Maluku dan Papua: Di awal tahun 2022, wilayah Maluku dan Papua diprediksi secara umum akan terjadi hujan sedang sampai hujan lebat.

 

Facebook Comments

Check Also

Reaksi Tegas Bobby Soal Edy Rahmayadi Menyebut akan Serang Ukraina Jika jadi Putin

google.com, pub-5445025501323118, DIRECT, f08c47fec0942fa0Jakarta- Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi mengkritik pernyataan Gubernur …