Home / Berita Tokoh / Politik Dan Hukum / Soal Usul Prabowo-Puan Lawan Poros Airlangga di 2024, Habiburokhman: Kita konsentrasi di calon kita saja

Soal Usul Prabowo-Puan Lawan Poros Airlangga di 2024, Habiburokhman: Kita konsentrasi di calon kita saja

Komline, Jakarta- Juru Bicara DPP Partai Gerindra Habiburokhman merespons santai soal kemungkinan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, bertarung melawan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Ia menyatakan Gerindra hanya ingin fokus dalam upaya pengusungan calon presiden (capres) di Pilpres 2024 dari internal partainya dan tak mau mencampuri langkah dari partai politik (parpol) lain.

“Kita konsentrasi di calon kita saja,” kata pemilik sapaan akrab Habib itu, Selasa (16/11).

Terkait kepastian mengusung Prabowo, ia menyatakan, semua parpol pasti ingin mengusung ketua umumnya menjadi capres di Pilpres 2024 mendatang. Menurutnya, keinginan itu merupakan hal yang sangat wajar.

Namun, Habib berkata, seluruh kader Gerindra ingin agar Prabowo diusung kembali menjadi capres di Pilpres 2024 mendatang.

“Kan resmi pendaftaran ketika tanda tangan formulir di KPU. Tapi kalau kita lihat keinginan semua kader Gerindra ya tentu Prabowo,” ucapnya.

Sementara itu, Habib berkata, pihaknya belum menentukan cawapres yang bakal mendampingi Prabowo di Pilpres 2024 hingga saat ini. Menurutnya, pihak-pihak yang telah mendeklarasikan dukungan terhadap duet Prabowo dengan Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, bukan berasal dari internal Gerindra.

“[Pihak] yang menduetkan Prabowo-Puan itu tidak ada representasi dari Gerindra, itu pihak di luar Gerindra. Kalau Gerindra itu alurnya jelas, sami’na wa atho’na, menyalonkan Prabowo tapi kita belum menentukan wakilnya,” tuturnya.

Sebelumnya, analis komunikasi politik Gun Gun Heryanto memprediksi bakal ada tiga poros pada Pilpres 2024 mendatang. Berdasarkan pergerakan parpol terkini, menurutnya pada pilpres 2024 mendatang memiliki kecenderungan akan terdapat tiga poros.

Kemungkinan, poros pertama akan diisi PDIP dan Gerindra yang bisa saja mencalonkan pasangan capres Prabowo-Puan, bertarung dengan poros bentukan Golkar dan NasDem yang akan mengusung Airlangga serta poros bentukan PKB, PPP, PAN, dan Demokrat.

“Secara chemistry tidak ada masalah Prabowo dan Puan. Sementara poros kedua, akan diinisiasi oleh Golkar dan NasDem. Golkar akan menjadikan Airlangga sebagai kandidat yang didorong. Entah itu RI 1 atau RI 2,” ucap Gun Gun.

Di sisi lain, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Nurdin Halid membuka peluang menduetkan Airlangga dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Hal tersebut diungkapkan Nurdin kepada Ketua Umum Ganjarist, Mazdjo Pray, dalam sebuah diskusi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (11/11).

Nurdin mengatakan kelompok pendukung Ganjar sebagai capres 2024 tak perlu khawatir jika nantinya tidak diusung PDIP. Menurutnya, Golkar akan terbuka memberikan tempat untuk Ganjar.

“Nanti kalau Ganjar tidak mendapatkan tempat di partainya, ada Golkar terbuka,” kata Nurdin.

Facebook Comments

Check Also

Anggota DPR RI Fraksi PDI P Yulian Gunhar Bawa Oleh-Oleh Vaksin Dan Ribuan Paket Sembako Untuk Masyarakat Palembang

Palembang-Dalam rangka membantu menyukseskan target nasional 70 persen vaksinasi dosis pertama. Untuk mendukung program pemerintah …

%d bloggers like this: