Home / Peristiwa / Terkait Konflik Agraria, Aziz Syamsuddin: Tuntaskan dan berasaskan keadilan

Terkait Konflik Agraria, Aziz Syamsuddin: Tuntaskan dan berasaskan keadilan

Komline, Jakarta- Wakil Ketua DPR RI M Aziz Syamsuddin merespons sikap pemerintah terkait langkah kerja Tim Percepatan Penyelesaian Konflik Agraria dan Penguatan Kebijakan Reforma Agraria Tahun 2021.

Aziz Syamsuddin berharap persoalan reforma agraria menyangkut ketimpangan penguasaan lahan, konflik agraria, alih fungsi lahan, penurunan kualitas lingkungan hidup, kemiskinan dan pengangguran, hingga kesenjangan sosial secara berlahan tuntas sejalan dengan target yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

‘Dari 1.041 laporan kasus konflik agraria. DPR berharap tim mampu memetakan persoalan agraria dan menentukan persoalan-persoalan yang menjadi prioritas serta menetapkan target-target penyelesaiannya. Ini memang bukan hal mudah. Tetapi, kami terus memberikan suport terhadap upaya yang dilakukan,” jelas Aziz Syamsuddin.

Aziz berharap 137 kasus konflik agraria yang menjadi prioritas mampu diselesaikan pada tahun 2021.

Menurut Aziz, tim yang dibentuk atas Surat Keputusan Kepala Staf Kepresidenan Nomor 1B/T/2021 ini menjadi terobosan yang dilakukan pemerintahan Joko Widodo untuk menyelesaikan persoalan-persoalan menyangkut agraria.

“Timnya sudah terbentuk. Tinggal kita tunggu hasil kerjanya. Kami berharap titik tekan penyelesaian konflik agraria mengedepankan sosio budaya, sosio historis, dan sosio-legal secara komprehensif,” terang Aziz Syamsuddin dalam keterangannya, Minggu (11/4/2021).

Penyelesaian konflik jangan sampai meninggalkan sisa dan luka di masyarakat.

“Tuntas dan berasaskan keadilan. Jangan sampai kebijakan-kebijakan yang dibuat justru dalam implementasinya melegalkan perampasan hak tanah rakyat dan mengesampingkan asas keadilan,” tegas Azis.

Facebook Comments

Check Also

Matangkan Persiapan Munas, Atensi dan Saran diberikan untuk IKA Unram

Komline, Jakarta – Pengurus Ikatan Keluarga Alumni Universitas Mataram (IKA Unram) bersama panitia Munas IKA …

%d bloggers like this: